Menteri Kabinet Prabowo Berangkat Pembekalan ke Akmil Magelang Siang Ini

Menteri Kabinet Prabowo Berangkat Pembekalan ke Akmil Magelang Siang Ini

Nasional | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:06
share

Presiden Prabowo Subianto mengumpulkan para menteri Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang pada hari ini. Para menteri dan wakil menteri akan berangkat siang ini.

"Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa besok (Kamis) akan ada kegiatan di Magelang untuk menggembleng para menteri," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi dalam keterangannya dikutip Kamis (24/10/2024).

Hasan menekankan bahwa agenda pembekalan para menteri oleh Presiden Prabowo di Magelang bukan ospek militerisme. "Tapi beliau bilang tidak usah takut, ini bukan ospek atau militerisme," kata Hasan.

Baca juga: 4 Hari Digembleng di Akmil, Menteri dan Wamen Naik Pesawat Hercules Bawa Seragam Loreng

Hasan menyebut bahwa nantinya para menteri kabinet akan diberikan seragam yang sama saat berada di Magelang. "Kita ada seragam buat gerak badan, untuk belajar gerak badan biar hangat. Ada seragamnya, buat kekompakan, jadi seragam buat kekompakan itu juga penting," kata Hasan.

Nantinya, kata Hasan, para menteri akan berangkat bersama menggunakan pesawat dari TNI AU. Sedangkan Prabowo akan menggunakan pesawat kepresidenan.

"Para menteri dan wakil menteri akan (hadir), kira-kira siang besok setelah zuhur. Pak Wapres akan hadir juga di Magelang nanti. Jadi ini komplet, seperti rapat Kabinet ini bahkan lebih komplet lagi karena ada juga Wakil Menteri-Wakil Menteri. Jadi ini sebuah tim building, tapi sekaligus juga koordinasi-koordinasi antar kementerian," ungkapnya.

Baca juga: Menteri-Wamen Digembleng di Akmil Magelang, Istana: Bukan Ospek atau Militerisme

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengajak semua menteri kabinet Merah Putih untuk mengikuti pembekalan di Magelang dalam beberapa kedepan. Selain pembekalan, Prabowo juga akan memberikan koordinasi kepada para menterinya. Hal tersebut disampaikan Prabowo dalam sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

"Saudara-saudara saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara-saudara ke Magelang dimana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan. Kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang Jawa Tengah di kawasan akademi militer," kata Prabowo dalam pengantarnya.

Pembekalan tersebut, kata Prabowo, akan membawa banyak manfaat bagi para menteri kabinet. "Hal itu saya nilai bahwa banyak manfaat, akan membawa banyak manfaat," kata Prabowo.

Prabowo menceritakan bahwa lahirnya Republik Indonesia dari Proklamasi yang dilakukan di Jakarta. Namun, ujian sesungguhnya terjadi di daerah-daerah para pejuang merebut kemerdekaan.

"Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai daerah perjuangannya Pangeran Diponegoro. Di antara lima gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta Tanah Air," ungkapnya.

Topik Menarik