Peristiwa 24 Oktober: Wafatnya Cut Nyak Meutia hingga Berdirinya PBB

Peristiwa 24 Oktober: Wafatnya Cut Nyak Meutia hingga Berdirinya PBB

Nasional | okezone | Kamis, 24 Oktober 2024 - 05:05
share

SEJUMLAH peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi pada 24 Oktober tiap tahunnya, baik di dalam maupun luar negeri. Di antaranya adalah meninggalnya pahlawan Indonesia, Cut Nyak Meutia hingga berdirinya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 24 Oktober dari Wikipedia, sebagai berikut:

1910

Tjoet Nyak Meutia lahir di Keureutoe, Pirak, Aceh Utara, 15 Februari 1870 dan wafat di Alue Kurieng, Aceh, 24 Oktober 1910 pada usia 40 tahun. Dia adalah pahlawan nasional Indonesia dari Aceh berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 107/1964 pada tahun 1964.

1929

Runtuhnya Wall Street 1929, juga dikenal dengan sebutan Keruntuhan ’29, atau dalam bahasa Inggris, The Wall Street Crash of 1929 adalah peristiwa jatuhnya bursa saham di Amerika Serikat, yang menandai dimulainya sebuah era yang disebut ‘Depresi Besar’.

Keruntuhan ini merupakan salah satu peristiwa kehancuran bursa yang paling besar dalam sejarah Amerika. Peristiwa kehancuran bursa tersebut juga dikenal dalam beberapa tahapan yang dikenal dengan julukan Black Thursday (Kamis Hitam) yang merupakan awal terjadinya keruntuhan pada bursa dan Black Tuesday (Selasa Hitam) yaitu saat kehancuran terjadi yang membuat panik hingga lima hari setelahnya.

 

1945

Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB) adalah organisasi internasional yang didirikan pada 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa.

Pada saat didirikan, PBB memiliki 51 negara anggota; saat ini terdapat 193 anggota. Selain negara anggota, beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB, dan ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat.

Palestina dan Vatikan adalah negara bukan anggota (non-member states) dan termasuk pengamat permanen atau Tahta Suci mempunyai wakil permanen di PBB, sedangkan Palestina mempunyai kantor permanen di PBB.


1985

Wayne Mark Rooney lahir pada 24 Oktober1985 dan berusia 33 tahun. Rooney adalah seorang pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyerang. Ia merupakan legenda Manchester United yang saat ini bermain di Klub DC United.

Topik Menarik