5 Dosa Israel terhadap PBB yang Mengejutkan, Terbaru Serang Pasukan Perdamaian

5 Dosa Israel terhadap PBB yang Mengejutkan, Terbaru Serang Pasukan Perdamaian

Global | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:52
share

Riwayat “dosa” Israel terhadap PBB bisa ditelusuri sejak beberapa tahun lalu. Terbaru, tentara Zionis kedapatan menyerang UNIFIL, pasukan perdamaian yang dibentuk guna membantu memulihkan situasi konflik di wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.

Sejak didirikan sebagai negara, Israel telah banyak membuat masalah di dunia. Bukan hanya soal mencaplok wilayah Palestina dan melakukan genosida di sana, rezim Zionis juga sering berkonflik dengan negara-negara lain di sekitarnya.

Berbagai masalah yang ditimbulkan Israel ini sebenarnya berusaha ditangani oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Akan tetapi, Tel Aviv seakan tidak tahu diri dan berulang kali menodai usaha-usaha yang dilakukan PBB.

Baca Juga: Israel Serang 2 TNI Personel UNIFIL di Lebanon, Ini Respons Kemarahan Indonesia

“Dosa” Israel Terhadap PBB

1. Israel Menyerang UNIFIL

United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) merupakan pasukan penjaga perdamaian yang didirikan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Maret 1978. Tujuan utama pendiriannya adalah membantu memulihkan situasi konflik di wilayah perbatasan Israel dan Lebanon.

Menyusul langkah invasi yang dilakukan Israel ke Lebanon, tentara Zionis dilaporkan ikut menyerang UNIFIL. Mereka menembaki pasukan penjaga perdamaian PBB tersebut yang tengah berjaga di posisinya.PBB melaporkan bahwa markas besar UNIFIL di Naqoura dan posisi-posisi di dekatnya telah berulang kali diserang tentara Israel. Padahal, setiap serangan yang disengaja terhadap pasukan penjaga perdamaian itu termasuk pelanggaran berat terhadap hukum humaniter internasional dan resolusi Dewan Keamanan 1701.

2. Menolak Solusi Dua Negara

Meski Palestina juga menolaknya, posisi Israel dalam hal ini bisa dibilang lebih “tidak tahu diri”. Tak puas mencaplok wilayah milik Palestina dan melakukan genosida, rezim Zionis ingin lebih dari itu.

Penolakan solusi dua negara ditegaskan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dia menentang gagasan Negara Palestina dan masa depan pascaperang bagi warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang didukung oleh Amerika Serikat.

Aksi Israel itu sebenarnya sudah membuat PBB marah. Sekretaris Jenderal PBB António Guterres sebelumnya menyebut penolakan Israel terhadap solusi dua negara “tidak dapat diterima” karena akan memperpanjang konflik tanpa batas dan menjadi ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan global.

3. Israel Menyerang Sekolah PBB di Gaza

Pada aksi genosidanya di Gaza, Israel tak peduli apa pun. Mereka bahkan tega mengincar fasilitas umum seperti sekolah.

Contoh terjadi pada September lalu, tepatnya ketika pasukan Israel mengebom sekolah PBB yang diubah menjadi tempat perlindungan di Jalur Gaza. Al Jazeera melaporkan bahwa serangan itu menewaskan sedikitnya 18 orang, termasuk enam staf badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

4. Mengabaikan Seruan PBB

Berulang kali, Israel mengabaikan seruan atau anjuran dari PBB dalam konfliknya dengan Palestina. Salah satu yang paling parah adalah mengabaikan resolusi gencatan senjata di Gaza.

Sebelum itu, negara Yahudi tersebut juga menolak jeda kemanusiaan yang diserukan PBB guna mengurangi dampak dan jumlah korban jiwa di Gaza. Seakan tidak bergeming, Israel melanjutkan kampanye militer di sana dengan dalih menumpas serdadu Hamas.

5. Melarang Sekjen PBB Masuk Israel

Beberapa waktu lalu, Israel membuat kebijakan kontroversial kala melarang Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres, memasuki wilayahnya.

Reuters melaporkan bahwa aturan itu berlaku lantaran mereka menganggap PBB gagal mengutuk serangan rudal Iran dan perilaku anti-Semit terhadap Israel.

Itulah sejumlah “dosa” Israel terhadap PBB yang bisa diketahui.

Topik Menarik