6 Alasan PM Netanyahu Melanjutkan Perang Gaza setelah Membunuh Yahya Sinwar

6 Alasan PM Netanyahu Melanjutkan Perang Gaza setelah Membunuh Yahya Sinwar

Global | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:10
share

Pasukan Israel membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar dalam pertempuran pada hari Rabu dalam baku tembak mendadak di Rafah.

Berita tersebut menimbulkan harapan di antara para komentator Barat bahwa pembunuhan tersebut mungkin menjadi awal untuk mengakhiri perang yang sedang berlangsung di Gaza atau bahkan konflik Israel-Palestina yang lebih luas.

Namun, analis mengatakan kepada Al Jazeera, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan mencari dalih lain untuk membuat negaranya tetap berperang demi keuntungan pribadi dan untuk melanjutkan impian ekspansionis Israel untuk mengusir warga Palestina dan mempertahankan pendudukan tanpa batas atas tanah mereka.

6 Alasan PM Netanyahu Terus Melanjutkan Perang Gaza setelah Membunuh Yahya Sinwar

1. Takut Kehilangan Kekuasaan

Melansir Al Jazeera, Netanyahu telah lama takut kehilangan kekuasaan karena kemungkinan ia bisa menghabiskan beberapa tahun di balik jeruji besi.

Pada tahun 2019, ia didakwa dalam tiga kasus terpisah: penipuan, penyuapan, dan pelanggaran kepercayaan. Jika terbukti bersalah, ia berisiko menghabiskan hingga 10 tahun penjara.

Menurut tuduhan tersebut, Netanyahu menawarkan bantuan dan hadiah kepada para taipan media sebagai imbalan atas liputan pers yang positif.

Setahun kemudian, Netanyahu terpilih sebagai perdana menteri untuk masa jabatan kelima. Koalisi parlemen sayap kanannya dengan cepat mengusulkan undang-undang yang akan melemahkan peradilan negara tersebut dengan mengizinkan pemerintah untuk menunjuk hakim, membatasi pengawasan pengadilan, dan bahkan mengesampingkan pengadilan.

Sementara itu, jaksa Pengadilan Kriminal Internasional Karim Khan telah meminta surat perintah penangkapan untuk Netanyahu dan Menteri Pertahanannya Yoav Gallant atas kekejaman yang mereka awasi di Gaza.

2. Menebar Teror dan Situasi Tidak Aman di Israel

“[Netanyahu] akan mencari dalih lain, atau orang lain, untuk terus mengejar. Itu hanya akan menimbulkan lebih banyak ketidakamanan, yang merupakan apa yang diinginkannya,” kata Diana Buttu, seorang analis konflik Israel-Palestina.

"Ia ingin membuat orang Israel percaya bahwa mereka berada dalam keadaan terkepung atau perang... Itulah caranya mengendalikan mereka dan tetap berkuasa," katanya kepada Al Jazeera.

Bahwa Netanyahu tampaknya mengejar eskalasi tampak jelas pada hari Sabtu setelah pesawat nirawak Hizbullah dilaporkan menyerang rumahnya di Kaisarea.

Namun, Netanyahu mengatakan serangan itu dilakukan oleh "agen Iran", sebuah pengalihan yang menurut beberapa analis ia gunakan untuk meletakkan dasar guna memperluas perang lebih jauh hingga mencakup Iran, jauh melampaui Jalur Gaza dan kelompok Lebanon.

3. Ingin Menguasai Seluruh Jalur Gaza

Pada bulan Oktober tahun lalu, Israel melancarkan perangnya di Gaza, menewaskan lebih dari 42.000 orang dan mengusir hampir seluruh populasi yang berjumlah 2,3 juta orang. Dan kematian Sinwar - "musuh nomor satu" Israel - tidak mungkin menghentikannya.

“Saya tidak percaya kematian Sinwar mengubah perhitungan Israel dalam hal keinginan Netanyahu untuk melanjutkan penghancuran dan depopulasi Jalur Gaza,” kata Omar Rahman, peneliti tamu di Israel-Palestina untuk lembaga pemikir Middle East Council on Global Affairs di Doha.

Perang Israel terhadap warga sipil Gaza dimulai sebagai respons nyata terhadap serangan yang dipimpin Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan 1.139 orang terbunuh di Israel dan sekitar 250 orang ditawan.

Gaza telah menderita sejak pengepungan yang dilakukan Israel pada tahun 2007, dengan standar hidup yang memburuk hingga pengamat internasional dan pemimpin dunia segera menyebutnya sebagai "penjara terbuka terbesar di dunia".

Israel baru saja mengakhiri pendudukan fisiknya di Gaza pada tahun 2005 – menarik kehadiran militernya dan mengosongkan pemukiman ilegal yang ditempati pemukim Israel. Namun, tindakan tersebut tidak ada hubungannya dengan penyerahan wilayah dan akhirnya status kenegaraan kepada Palestina.

Perdana Menteri Israel saat itu Ariel Sharon hanya percaya bahwa pemukim Israel di Gaza dikelilingi oleh terlalu banyak warga Palestina, sehingga membuat mereka menjadi beban bagi lembaga keamanan. Ia lebih memilih untuk menarik diri dari Gaza dan fokus pada perluasan pemukiman di Tepi Barat.

Baca Juga: 3 Rencana Serangan Israel ke Iran Bocor, dari Amunisi Canggih hingga Simulasi yang Matang

4. Ingin Membunuh Lebih Banyak Pemimpin Hamas

Ini bukan hal yang luar biasa karena Israel secara historis telah menghalangi solusi politik yang akan mewujudkan negara Palestina yang berdaulat penuh, Yezid Sayigh, seorang pakar Israel-Palestina dan Timur Tengah untuk lembaga pemikir Carnegie Middle East Center di Beirut, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Israel telah membunuh banyak pemimpin Palestina sebelumnya dan akan terus melakukannya. Tidak ada yang pernah berubah karena, pada dasarnya, pemerintahan Israel berturut-turut – bahkan di bawah Partai Buruh, bukan hanya Likud – tidak mau menyerahkan wilayah atau menyerahkan kedaulatan Palestina yang sejati,” katanya.

“Hasilnya: [Israel] telah mengunci diri dalam konflik permanen dan mereka terus selama ini lebih memilih tanggapan militer karena mereka menempatkan diri mereka dalam posisi di mana tidak ada solusi politik,” tambahnya.

Netanyahu tampaknya melanjutkan tren itu.

Pada hari Jumat, ia mengatakan Israel harus melanjutkan perangnya di Gaza untuk "menyelamatkan tawanan Israel yang tersisa" dan di Lebanon, yang mana Israel telah membuka front lain dalam upaya nyata untuk "membubarkan Hizbullah dan memulihkan keamanan di Israel utara".

Sejak 7 Oktober, Netanyahu telah menghalangi banyak upaya gencatan senjata meskipun ada tekanan nyata dari pelindung utamanya, Amerika Serikat.

Pada tanggal 31 Juli, Netanyahu bahkan memerintahkan pasukan keamanannya untuk membunuh kepala politik Hamas – dan negosiator utama untuk gencatan senjata – Ismael Haniyeh selama kunjungannya ke Iran, di mana ia menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian.

5. Ingin Mendapatkan Kemenangan Total di Gaza

Komentator politik Israel Oren Ziv mengatakan pembunuhan terbaru Sinwar membuat sayap kanan Israel semakin berani, yang terus mendukung seruan Netanyahu untuk mencapai "kemenangan total" di Gaza, berperilaku, katanya, seperti "pecandu narkoba".

“Kematian Sinwar adalah dosis untuk saat ini, tetapi itu tidak akan memuaskan publik sayap kanan atau pemerintah [dalam jangka panjang]. Mereka menginginkan lebih banyak pembunuhan dan lebih banyak perang,” katanya kepada Al Jazeera.

6. Hamas Tidak Akan Menyerah

Rahman, dari Dewan Timur Tengah, menyuarakan pandangan bahwa Hamas akan terus bertahan dalam perang yang sedang berlangsung meskipun mengalami degradasi yang parah.

“Secara organisasi, [pembunuhan Sinwar] semakin menurunkan Hamas dari sudut pandang kepemimpinan dan operasional. Namun, organisasi tersebut masih utuh … organisasi tersebut memiliki pejuang yang beroperasi dalam sel-sel tanpa kepemimpinan terpusat,” ungkapnya kepada Al Jazeera.

Terlepas dari apakah Hamas bertahan, perlawanan Palestina akan tetap ada dalam beberapa bentuk, imbuh Rahman.

Memperhatikan bahwa perjuangan bersenjata berakar pada penderitaan yang dialami warga Palestina akibat pendudukan Israel yang mengakar, Buttu dan Rahman mengatakan penghancuran total Gaza oleh Israel hanya akan memperparah keluhan warga Palestina.

“Keluhan mendasar [warga Palestina] tidak ditangani … oleh karena itu perlawanan terhadap perampasan tanah oleh Israel akan terus berlanjut,” kata Rahman kepada Al Jazeera.

“Sesederhana itu. Itulah persamaan sederhananya.”

Topik Menarik