Kepada Putin, Trump Pernah Ancam Akan Menyerang Moskow

Kepada Putin, Trump Pernah Ancam Akan Menyerang Moskow

Global | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 18:20
share

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengklaim bahwa ia mengancam akan menyerang Moskow jika Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan serangan ke Ukraina.

Ketika ditanya dalam wawancara dengan Wall Street Journal apakah ia akan menggunakan kekuatan militer untuk menanggapi potensi blokade Taiwan oleh Beijing, Trump mengatakan ia tidak perlu melakukannya, karena mitranya dari China, Xi Jinping, "menghormati saya dan ia tahu saya gila."

Beralih ke Rusia, Trump mengatakan hal yang sama berlaku untuk Putin, yang ia klaim memiliki hubungan yang sangat baik dengannya.

Ia menambahkan bahwa pada satu titik, ia mengatakan kepadanya: “Vladimir, jika kau mengejar Ukraina, aku akan memukulmu begitu keras, kau bahkan tidak akan mempercayainya. Aku akan memukulmu tepat di tengah-tengah Moskow... Kita berteman. Aku tidak ingin melakukannya, tetapi aku tidak punya pilihan.”

Menurut mantan presiden itu, Putin bereaksi dengan tidak percaya, dengan mengatakan “tidak mungkin.” “Tidak mungkin,” jawab Trump.

“Kau akan dipukul begitu keras, dan aku akan mencopot kubah-kubah sialan itu dari kepalamu,” katanya, yang tampaknya merujuk pada kediaman pemimpin Rusia itu di Kremlin.

Baca Juga: Tulisan Pempek Palembang Terpampang di Tank Rusia

Masa jabatan Trump berakhir pada awal 2021, lebih dari setahun sebelum dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina.

Putin terakhir kali berbicara dengan Trump pada 2020, menurut catatan publik. Namun, jurnalis Amerika Bob Woodward mengklaim bahwa keduanya telah melakukan "mungkin sebanyak tujuh" percakapan sejak Trump meninggalkan Gedung Putih. Baik Kremlin maupun tim kampanye Trump telah membantah klaim tersebut.

Mantan presiden AS tersebut telah berulang kali mengatakan bahwa konflik Rusia-Ukraina tidak akan terjadi jika ia masih menjabat, dan telah berjanji untuk mengakhirinya dalam waktu 24 jam jika terpilih.

Meskipun ia hanya memberikan sedikit rincian tentang rencana perdamaian yang potensial, pasangannya, J.D. Vance, mengatakan Trump dapat memulai pembicaraan dengan Rusia, Ukraina, dan pemangku kepentingan Eropa untuk membangun zona demiliterisasi di sepanjang garis depan saat ini, dengan Kiev setuju untuk tidak bergabung dengan NATO.

Topik Menarik