Bank Jatim Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Disko Fest 2024

Bank Jatim Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Disko Fest 2024

Terkini | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 10:51
share

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) menggelar Disko Fest 2024 yang diadakan di Surabaya Expo Center (eks Taman Remaja Surabaya) mulai tanggal 18-20 Oktober 2024. Kegiatan ini bertujuan mendukung inovasi dan promosi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain menampilkan stand UMKM binaan Bank Jatim acara ini juga diramaikan bintang tamu penyanyi top seperti Tiara Andini, D’Masiv, Coldiac dan FakeDopp. Pengunjung juga dapat mengikuti seminar dan talkshow seputar keuangan, kompetisi menggambar untuk tingkat SD dan SMP, Fun Cupping Competition, Reels Challenge, serta Zumba Party.

Bagi para pecinta budaya pop, Cosplay Competition dan acara Noraebang & Random Play Dance (RPD) bersama DJ Bernard juga bakal turut memeriahkan event ini. Acara di Disko Fest 2024 digelar terbuka untuk umum dan gratis. Pengunjung hanya perlu melakukan scan barcode untuk registrasi.

Baca Juga:Perluas Kerja Sama, Bank Jatim dan ITS Teken MoU

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengungkapkan latar belakang dari kegiatan ini adalah dengan jumlah 9 juta pelaku UMKM di Jatim. Hal ini menjadi potensi bagi Bank Jatim sebagai bank daerah untuk turut serta untuk menopang pertumbuhan ekonomi regional. “Inilah peran Bank Jatim untuk memberikan bantuan dalam bentuk permodalan maupun pendampingan," katanya, Minggu (20/10/2024).

Busrul menambahkan, tugas Bank Jatim selain untuk menumbuhkan perekonomian wilayah Jatim,juga bertanggung jawab mengembangkan ekonomi mikro, ritel terutama UMKM dan pemberdayaan masyarakat.

"Alhamdulillah, portofolio kami masih terus bertumbuh dan masih didominasi oleh sektor konsumtif, karena sektor ini juga yang mendorong pertumbuhan nasional maupun di regional," ujarnya.

Porsi sektor produktif terutama UMKM, kata dia, di Bank Jatim tumbuh cukup tinggi diatas rata-rata industri sekitar 30 persen lebih. Sehingga animo dari pelaku ekonomi masyarakat kepada Bank Jatim harus dijaga. "Ini merupakan bentuk kepercayaan pelaku UMKM kepada Bank Jatim untuk terus berkolaborasi kedepannya,” jelasnya.

Baca Juga: Bank Jatim Perkuat Digitalisasi di Ponpes Lirboyo Kediri

Busrul menegaskan, Bank Jatim selain menyalurkan kredit kepada UMKM juga menciptakan branding bahwa Bank Jatim sangat mendorong pertumbuhan pengembangan UMKM di Jatim. "Pengembangan UMKM dari ultra mikro naik kelas jadi mikro sampai menjadi eksportir," ujarnya.

Topik Menarik