5 Makanan Penyebab Batu Empedu, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

5 Makanan Penyebab Batu Empedu, Nomor 3 Dikonsumsi Tiap Hari

Gaya Hidup | sindonews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 13:40
share

Beberapa makanan bisa menyebabkan batu empedu meski merasa enak. Menjaga kesehatan kantong empedu penting untuk pencernaan yang baik dan kesehatan secara umum.

Organ kecil ini mengandung empedu, sekresi pencernaan yang membantu memecah lipid. Di sisi lain, pola makan yang mengandung banyak makanan tidak sehat dapat menyebabkan batu empedu.

Batu empedu merupakan endapan keras yang dapat menyebabkan rasa sakit luar biasa dan masalah lainnya. Untuk menjaga kantong empedu dalam kondisi baik dan terhindar dari batu empedu, penting untuk memperhatikan apa yang dimakan.

Berikut makanan penyebab batu empedu dilansir dari Times of India, Jumat (18/10/2024).

5 Makanan Penyebab Batu Empedu

Baca Juga: Waspadai Nyeri Perut Kanan hingga Bahu Disertai Mual, Itu Gejala Batu Empedu

1. Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Gula

Konsumsi gula yang berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko pembentukan batu empedu. Makanan manis dapat mengganggu keseimbangan garam empedu dan kolesterol, yang menyebabkan pembentukan batu empedu.

Pola makan yang mengandung banyak gula sering kali menyebabkan kenaikan berat badan, yang merupakan faktor risiko yang diketahui untuk penyakit kandung empedu. Contoh makanan ini seperti soda, minuman berenergi, dan teh manis, kue, biskuit, dan donat.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan kue kering, tidak mengandung serat dan nutrisi penting. Pola makan yang mengandung banyak karbohidrat olahan ini dapat meningkatkan risiko batu empedu dengan menyebabkan lonjakan kadar gula darah serta insulin, yang dapat berdampak negatif pada produksi empedu.

Makanan yang harus dihindari meliputi nasi putih, roti putih, dan pasta biasa. Sereal manis dan oatmeal instan. Untuk mendukung kesehatan kandung empedu, beralihlah ke biji-bijian utuh seperti beras merah, roti gandum utuh, dan quinoa.

Baca Juga: Kunto Aji Pernah Idap Batu Empedu Akibat Makan Sate, Ini Penjelasannya

3. Makanan Berlemak Tinggi dan Gorengan

Gorengan dan makanan yang mengandung banyak lemak tidak sehat, seperti makanan cepat saji, camilan olahan, dan daging goreng, dapat memicu masalah kandung empedu. Makanan ini sulit dicerna dan dapat membebani kandung empedu, yang dapat mengakibatkan peradangan.

Batu empedu terjadi ketika empedu mengandung kolesterol dalam jumlah berlebihan, juga bisa diperburuk oleh kandungan lemak yang tinggi. Contoh makanan, kentang goreng, ayam goreng, dan keripik kentang.

4. Daging Olahan

Daging olahan seperti daging beku mengandung banyak lemak tidak sehat dan bahan pengawet. Makanan ini dapat membebani kantong empedu dan dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu empedu.

Kandungan natrium yang tinggi dalam daging olahan dapat menyebabkan retensi cairan dan peningkatan tekanan pada kantong empedu. Contoh makanan yang harus dihindari seperti salami, pepperoni, dan bologna, hingga daging kemasan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Penyakit Liver dan Batu Empedu, Kenali Faktor Penyebabnya!

5. Produk Susu Tinggi Lemak

Produk susu yang tinggi lemak dapat mengganggu kantong empedu. Susu berlemak penuh, keju, dan es krim dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam empedu, yang dapat menyebabkan pembentukan batu empedu.

Meskipun susu merupakan sumber kalsium dan nutrisi penting lainnya, memilih yang rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu melindungi kantong empedu. Contoh yang harus dihindari susu berlemak tinggi, krim, dan krim asam, keju, krim keju, dan es krim.

Topik Menarik