Erina Gudono Makan Omakase Sushi hingga Sashimi usai Melahirkan, Gak Bahaya Ta? 

Erina Gudono Makan Omakase Sushi hingga Sashimi usai Melahirkan, Gak Bahaya Ta? 

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:36
share

JAKARTA, iNews.id - Erina Gudono makan Omakase di kamar rumah sakit. Kabar ini jadi sorotan publik di media sosial.

Banyak netizen penasaran menu apa saja yang dikonsumsi? Berapa harga omakase ala Jepang yang disantap Erina Gudono? hingga muncul pertanyaan apakah aman makan daging mentah setelah melahirkan? 

Di artikel ini akan dibahas lengkap terkait dengan bahaya atau tidaknya menyantap daging mentah seperti pada sushi atau sashimi setelah melahirkan. Apakah daging mentah yang dimakan berdampak pada bayi yang diberikan ASI eksklusif? 

Erina Gudono Makan Omakase Sushi hingga Sashimi usai Melahirkan

Menurut penjelasan laman What to Expect yang di-review oleh Dokter Obgyn dr Jennifer Wu, tidak ada masalah jika ibu menyusui mengonsumsi sushi. Tapi, pastikan sushi yang disantap berkualitas dan kondimen sushi tidak membahayakan ibu menyusui. 

Konten Erina Gudono tentang omakase yang viral. (Foto: Instagram)
Konten Erina Gudono tentang omakase yang viral. (Foto: Instagram)

Sebab, salah mengonsumsi sushi akan meningkatkan risiko paparan listeria ke bayi melalui ASI. Ini tentu bukan hal yang diinginkan orangtua, termasuk bayi mereka. 

"Mengonsumsi sushi yang tidak sehat juga dapat menyebabkan diare dan demam bagi ibu yang mengonsumsi," ungkap laporan tersebut, dikutip iNews.id, Jumat (18/10/2024). 

Ikan yang mengandung merkuri juga dapat membahayakan ibu atau bayinya. Merkuri yang ada di daging ikan bisa masuk ke tubuh anak melalui ASI. 

Dengan rekomendasi yang ketat ini, jangan membuat ibu tidak memberikan ASI untuk bayinya. Sebab, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan pemberian ASI eksklusif. 

"Manfaat menyusui bayi lebih besar ketimbang ibu egois ingin makan sushi namun tidak bisa menjamin kualitas makanan tersebut," ungkap laporannya. 

Ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui. Apa saja itu? Simak terus pembahasan artikel ini. 

Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui

Sebagai tambahan informasi, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengidentifikasi ada tujuh varietas ikan yang harus dihindari untuk dikonsumsi ibu menyusui, karena kandungan merkurinya yang tinggi. Jenis ikan apa saja? 

  • Hiu
  • Swordfish
  • King makarel
  • Tilefish
  • Marlin
  • Orange roughy
  • Tuna Bigeye 

Selain tujuh ikan di atas, American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) juga menyarankan agar ibu menyusui membatasi asupan jenis ikan berikut ini: 

  • Tuna albacore (putih). Disarankan agar tidak makan ikan ini lebih dari 6 ons (170 gram) per minggu.
  • Semua jenis ikan yang ditangkap di perairan lokal, yang artinya tidak terdata berapa kadar merkuri di dalam habitat atau ikan tersebut, disarankan hanya dikonsumsi maksimal 170 gram per minggu. 

"Perlu dicatat bahwa banyak ikan air tawar yang tidak aman untuk dimakan mentah. Kalau memang ingin makan sushi saat sedang menyusui, pastikan ikan mentah yang disajikan di menu tersebut rendah kadar merkurinya," ungkap laporan ACOG. 

Hal Lain yang Harus Diperhatikan Ibu Menyusi Jika Mau Makan Sushi

Catatan penting di sini adalah mengonsumsi ikan saat menyusui itu boleh, terlebih kandungan baik dalam ikan seperti Omeg-3 akan sangat baik juga untuk bayi yang diberi ASI. 

Tapi, menurut laporan Medical News Today, pastikan makanan tersebut bersih dan terbebas dari kandungan berbahaya yang bisa membahayakan si ibu maupun bayi yang diberi ASI. Karena itu, direkomendasikan untuk pastikan pilih tempat penyedia sushi atau sashimi yang terpercaya. 

Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini; 

  • Jangan ragu bertanya kepada staf restoran tentang sumber ikan dan cara mengolah makanannya.
  • Pastikan penanganan makanan mempraktikkan teknik yang aman, seperti misalnya menggunakan alat masak berbeda pada daging mentah dan bahan-bahan masakan lainnya.
  • Pastikan selalu cuci tangan dengan benar sebelum menyentuh makan, terlebih itu daging mentah.
  • Hindari makanan yang sudah kadaluwarsa.
  • Jika menyimpan makanan di lemari pendingin, pastikan suhu lemari es tetap tepat dan selalu membersihkan secara teratur lemari es untuk menghindari pertumbuhan bakteri. 

Jadi, itu dia pembahasan terkait informasi Erina Gudono makan omakase sushi hingga sashimi usai melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik