3 Oktober 2024 Hari Apa? Ini Peristiwa yang Pernah Terjadi di Tanggal Tersebut

3 Oktober 2024 Hari Apa? Ini Peristiwa yang Pernah Terjadi di Tanggal Tersebut

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:37
share

3 Oktober 2024 hari apa? Tanggal 3 di bulan Oktober jatuh pada hari ini, Kamis. Tentu bukan sekadar almanak, di tanggal 3 ini ada sejumlah peristiwa yang pernah terjadi, baik di Indonesia maupun dunia.

Dari sederet peristiwa yang terjadi tanggal 3 Oktober, ini yang bisa diinformasikan untuk mengenangnya kembali di tahun 2024.

3 Oktober 2024 Hari Apa?

1. OJ Simpson Dibebaskan

Pada 1995 OJ Simpson dibebaskan dari tuduhan pembunuhan Nicole Brown Simpson dan Ronald Lyle Goldman. OJ Simpson dituduh membunuh mantan istri dan temannya itu pada 13 Juni 1994. Kasus Simpson ini menarik perhatian media dan publik luas di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Baca Juga: Pernah Tolak Undangan Pesta Liar, Pangeran William dan Harry Lolos dari 'Peluru' P. Diddy

2. Inggris Uji Bom Atom Pertama

Pada 1952 Inggris menguji bom atom pertamanya. Disebut Operasi Badai, tes tersebut dilakukan di dekat Kepulauan Montebello di Australia Barat. Operasi ini menjadikan Inggris negara ketiga yang memiliki senjata nuklir, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet.

3. Hari Kemerdekaan Irak

Pada 1932 Irak memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Negara Asia Barat ini berada di bawah kendali Inggris pada 1920, setelah berakhirnya Perang Dunia I. Usai menguasai Irak, Inggris mengangkat Raja Faisal I dari Suriah yang digulingkan sebagai Raja Irak.

4. Mean Girls Day

Tanggal 3 Oktober juga diperingati oleh pecinta film sebagai “Mean Girls Day” karena ada kalimat yang dibuang dari film tersebut. Mean Girls menggambarkan kehidupan remaja, yang merupakan alasan utama mengapa film ini menjadi begitu ikonik dan para penggemar film tersebut dengan bangga menyatakan tanggal 3 Oktober sebagai milik mereka.

5. National Boyfriend Day di AS

Di Amerika Serikat (AS), tanggal 3 Oktober diperingati sebagai Hari Pacar Nasional atau National Boyfriend Day. Peringatan ini awalnya dimaksudkan agar para gadis yang memiliki pacar dapat lebih menghargai kekasih mereka itu demi berlangsungnya hubungan yang sehat.

Baca Juga: Sejarah TPU Tanah Kusir, Tempat Peristirahatan Terakhir Marissa Haque

6. Hari Peristiwa Kebon Rojo

Tanggal 3 Oktober juga kerap diperingati oleh masyarakat Pekalongan, Jawa Tengah, sebagai Hari Peristiwa Kebon Rojo. Peristiwa Kebon Rojo sendiri merupakan momen bersejarah ketika terjadi upaya pengambilalihan kekuasaan pemerintah dari tangan Jepang di Kota Pekalongan.

7. Hari Lahir PETA

Pembela Tanah Air atau PETA merupakan tentara bentukan Jepang pada masa pendudukannya di Indonesia. PETA didirikan pada 3 Oktober 1943 atas instruksi dari Panglima Tentara Ke-16 Kumakici Harada untuk mendukung militer Jepang melawan sekutu.

Topik Menarik