Sifat Ibu yang Menurun ke Anak, Kecerdasan hingga Daya Ingat

Sifat Ibu yang Menurun ke Anak, Kecerdasan hingga Daya Ingat

Gaya Hidup | kutai.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:00
share

JAKARTA, iNewsKutai.id – Pepatah "buah jatuh tak jauh dari pohonnya" sering kali benar adanya. Sifat-sifat yang muncul pada anak sering kali diwariskan dari orang tua, terutama dari sang ibu. Banyak karakteristik yang diturunkan secara genetik dari ibu kepada anak.

Tak heran jika seorang anak memiliki sifat yang mirip dengan ibunya, yang membuat sang ayah sering kali harus berhadapan dengan dua orang dengan karakter yang serupa. Berikut adalah beberapa sifat yang diwariskan secara genetik dari ibu kepada anak.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (3/10/2024), berikut ulasannya:

Sifat Ibu yang Menurun ke Anak

1. Kebiasaan Makan

Selera makan ibu selama masa kehamilan bisa berpengaruh pada anak. Oleh karena itu, penting bagi seorang ibu untuk menjaga pola makan yang sehat agar diwariskan kepada anaknya.

2. Ingatan

Kemampuan mengingat juga bisa diwariskan dari ibu melalui DNA. Penelitian menunjukkan bahwa trauma yang dialami ibu bahkan bisa diturunkan kepada anaknya melalui mekanisme genetik.

3. Kebiasaan Tidur

Jika Anda melihat anak Anda memiliki pola tidur yang mirip dengan sang ibu, jangan terkejut. Pola tidur ternyata dapat diwariskan secara genetik dari ibu kepada anak.

 

4. Kemampuan Bermusik

Bakat musik juga termasuk dalam sifat-sifat yang bisa diwariskan dari ibu. Namun, apakah bakat ini akan berkembang atau tidak bergantung pada minat anak untuk mengasah kemampuan tersebut.

5. Warna Rambut

Gen yang mengontrol warna rambut juga dipengaruhi oleh gen ibu, yang berperan dalam produksi protein pembentuk warna rambut.

6. Kecerdasan

Kecerdasan pada anak laki-laki umumnya diwariskan dari ibu, sementara pada anak perempuan, kecerdasan diwariskan dari kedua orang tua. Jika sang ibu memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, kemungkinan besar anaknya juga akan memiliki kecerdasan yang serupa.

Demikian sifat-sifat seorang ibu yang diturunkan kepada anak-anaknya. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com 

Topik Menarik