Profil Universitas Patrice Lumumba Rusia, Almamater Murad Aidit Adik Kandung Ketua Komite Central PKI

Profil Universitas Patrice Lumumba Rusia, Almamater Murad Aidit Adik Kandung Ketua Komite Central PKI

Terkini | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 09:33
share

Murad Aidit yang merupakan adik kandung mantan Ketua Komite Central PKI yakni DN Aidit, diketahui pernah menuntut ilmu di Universitas Patrice Lumumba Rusia.

Nama Murad Aidit beberapa waktu lalu sempat mencuat kembali setelah dua komika terkenal Indonesia, Ananta Rispo dan Fico Fachriza mengakui adik DN Aidit itu sebagai kakek mereka.

Baca juga: Riwayat Pendidikan DN Aidit, Khatam Alquran Sejak Kecil, Gandrung Marxisme Ketika Dewasa

Tidak hanya itu, kedua cucu Murad tersebut juga mengungkapkan jika kakek mereka pernah ditahan ketika masih berusia 16 tahun karena dianggap sebagai bagian dari PKI.

Murad Aidit yang lahir pada tahun 1927 itu diketahui memenuhi kebutuhan hidupnya dengan membangun usaha warung dan wartel.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober: Ini Sejarah dan Maknanya Bagi Bangsa Indonesia

Profil Universitas Patrice Lumumba Rusia

Profesi itu tentunya cukup memprihatinkan bagi Murad yang merupakan alumni dari Universitas Patrice Lumumba yang notabene adalah salah satu Perguruan Tinggi ternama di Rusia.

Sebelumnya, Universitas tempat Murad menimba ilmu itu bernama Universitas Persahabatan Rakyat Rusia. Dilansir dari eng.rudn.ru, Universitas ini didirikan pada 5 Februari 1960 oleh Pemerintah Uni Soviet.

Tujuan awal dibangunnya sekolah ini adalah untuk membantu negara berkembang terutama dalam hal pendidikan. Sehingga setiap warga negara di negara berkembang teruntuk yang berada di wilayah Asia, Afrika dan Amerika Latin agar dapat menuntut ilmu tanpa harus tunduk pada konteks politik.

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya Pagi Ini

Universitas tersebut kemudian berganti nama menjadi Universitas Persahabatan Rakyat Patrice Lumumba untuk menghormati tokoh revolusioner dan perdana menteri Kongo Patrice Lumumba di tahun 1961.

Selain menjadi sekolah Murad Aidit, Universitas Patrice Lumumba juga menjadi tempat menuntut ilmu Carlos the Jackal, sang teroris paling diburu.

Universitas Patrice Lumumba sempat tenar di tahun 1980-an, bahkan sempat dijuluki 'Oxford Rusia' kala itu. Perguruan ini juga lebih dikenal dengan nama RUDN University saat ini.

Saat ini, terdapat lima fakultas yang diusung oleh RUDN University, di antaranya Fakultas Kemanusiaan dan Ilmu Sosial, Fakultas Filologi, Fakultas Sains, Fakultas Pra-Universitas Digital, dan Fakultas Ekonomi.

Universitas ini berlokasi di Moskow Barat yang terbagi di dua tempat. Kampus utama PFUR terletak di sepanjang Jalan Miklukho-Maklaya, dan Kampus Akademi Teknik dan Fakultas Sains terletak di Jalan Ordzhonikidze.

Itulah profil dari Universitas Patrice Lumumba Rusia, yang dulunya merupakan tempat menuntul ilmu adik DN Aidit, yakni Murad Aidit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

Topik Menarik