FIA UI Dukung LAMSPAK Ciptakan Lulusan Berdaya Saing Global

FIA UI Dukung LAMSPAK Ciptakan Lulusan Berdaya Saing Global

Nasional | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 20:37
share

Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) mendukung keberadaan Lembaga Akreditasi Mandiri Sosial, Politik, Administrasi, dan Komunikasi (LAMSPAK). FIA UI berharap lembaga ini segera beroperasi.

“Kami percaya bahwa hal ini merupakan doa dan aspirasi dari seluruh program studi yang berada di bawah cakupan LAMSPAK. FIA UI siap mendukung penuh segala agenda dan rencana LAMSPAK,” ujar Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FIA UI Fibria Indriati, Kamis (26/9/2024).

Menurut dia, LAMSPAK sangat penting untuk peningkatan kualitas pendidikan bidang ilmu sosial, politik, administrasi, dan komunikasi sehingga menghasilkan lulusan berkualitas dan mampu bersaing di tingkat global.

Sebagai bentuk dukungan terhadap lembaga ini, FIA UI menjadi tuan rumah pertemuan Majelis Akreditasi dan Dewan Eksekutif LAMSPAK dengan asosiasi keilmuan dan profesi pendiri (sekaligus anggota). Pertemuan berlangsung Gedung M FIA UI, Depok, baru-baru ini.

Fibria bersyukur atas terselenggaranya pertemuan itu dan menyatakan dukungan penuh FIA UI terhadap beroperasinya LAMSPAK dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan ini dibahas mengenai progres atau kemajuan kesiapan operasional LAMSPAK, penyiapan asosiasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada anggotanya, serta penyamaan persepsi terkait standar dan instrumen akreditasi LAMSPAK.

Menurut dia, akreditasi oleh LAM bertujuan meningkatkan mutu pendidikan serta memberikan manfaat lebih besar bagi anggotanya baik penyelenggara pendidikan, mahasiswa maupun industri yang akan menyerap para lulusan.

Ketua Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) dan Ketua Departemen Ilmu Administrasi Niaga FIA UI Novita Ikasari menambahkan sebagai LAM dengan pendukung terbanyak, LAMSPAK berkepentingan menunjukkan kekuatan dari keberadaan berbagai asosiasi ilmu dan profesi baik secara substantif (instrumen akreditasi yang tepat sasaran) maupun tata kelola organisasi.

Sementara, Ketua Majelis Akreditasi LAMSPAK Prof Agus Pramusinto mengungkapkan LAMSPAK bukanlah organisasi profit. Sesuai dengan yang diamanahkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), lembaga ini memiliki misi melakukan proses penjaminan mutu melalui akreditasi secara independen.

Ketua Dewan Eksekutif LAMSPAK M R Khairul Muluk menambahkan, pihaknya mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek karena satu-satunya LAM yang pengajuannya dari 21 asosiasi keilmuam dan profesi terbanyak dan kompak.

Topik Menarik