UPZ Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan dari Baznas

UPZ Pupuk Kaltim Raih 3 Penghargaan dari Baznas

Nasional | sindonews | Kamis, 26 September 2024 - 20:08
share

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) meraih 3 penghargaan UPZ Award 2024. Penghargaan tersebut sebagai pengakuan atas komitmennya dalam pendayagunaan zakat yang profesional dan tepat sasaran.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh KomisionerBaznas Achmad Sudrajat kepada Ketua UPZ Pupuk Kaltim Achmad Rois dalam Rakornas UPZ Baznas di Sentul, Bogor, belum lama ini. Tiga penghargaan yang diraih yakni UPZ BUMN Perencanaan Terbaik, UPZ BUMN Penyaluran Terbaik, serta UPZ BUMN Pengumpulan Terbaik.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap kiprah kami yang terus berkontribusi melalui zakat di berbagai bidang. Setiap tahun, kami berupaya meningkatkan realisasi penyaluran zakat yang tepat sasaran baik di tingkat lokal maupun nasional," ujar Rois, Kamis (26/9/2024).

Baca juga: BAZNAS Dorong Ekosistem Ekonomi Kurban

Penghargaan UPZ Award 2024 menjadi kado spesial menjelang Milad Ke-6 UPZ Pupuk Kaltim sekaligus menegaskan komitmennya melanjutkan kerja dakwah dengan kolaborasi bersama mitra dan stakeholder yang telah terjalin dengan baik.

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus memperkuat komitmen dalam menjalankan amanah muzakki dari karyawan Pupuk Kaltim," ucapnya.

Dalam pengelolaan dana zakat, UPZ Pupuk Kaltim mengedepankan prinsip 3A yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI. Mereka berpegang pada Peraturan Baznas Nomor 3 Tahun 2018 dan UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Zakat untuk memastikan bahwa dana zakat dikelola secara efektif dan memberikan manfaat maksimal.

Program-program penyaluran zakat UPZ Pupuk Kaltim mencakup berbagai aspek, seperti pemberdayaan masyarakat, kesehatan, dakwah, serta dukungan terhadap pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Penyaluran juga didasarkan pada kategori delapan asnaf penerima zakat dan melibatkan survei serta verifikasi lapangan untuk menjamin kelayakan penerima.

"Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, terutama dalam mengatasi masalah sosial di Kota Bontang," kata Rois.

Ketua Baznas Noor Achmad mengapresiasi kontribusi UPZ Pupuk Kaltim. Menurutnya, UPZ adalah mitra penting dalam mewujudkan kesejahteraan umat. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh UPZ di Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja mereka.

Topik Menarik