10 Contoh Sinonim Lengkap dengan Penggunaannya dalam Kalimat

10 Contoh Sinonim Lengkap dengan Penggunaannya dalam Kalimat

Terkini | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 13:59
share

Sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Pengertian sinonim dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) juga sama dengan muradif.

Dalam perbincangan atau penulisan sehari-hari, banyak kata yang kita gunakan. Nah, kata-kata tersebut biasanya memiliki bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Bisa dikatakan pula bahwa sinonim adalah kata lain dari suatu kata.

Baca Juga: 7 Kata Indah Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui

Artikel berikut ini akan mengulas 10 sinonim lengkap dengan contoh kalimatnya. Kata yang ditulis tebal merupakan sinonim dari kata sebelumnya. Yuk dicatat:

1. Absen: Tidak hadir; Tidak masukContoh kalimat: Zahra absen rapat hari ini karena ada berobat ke puskesmas.

2. Agar: SupayaContoh Kalimat: Anak-anak itu semangat berlatih agar bisa mendapatkan hasil maksimal saat bertanding.

3. Agung: Besar; AkbarMasjid Agung Al Azhar merupakan sebuah masjid yang berlokasi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

4. Akrab: Erat; Intim; KaribContoh Kalimat: Meski baru kenal sebulan, Salma dan Sandi tampak akrab.

5. Aksara: HurufContoh kalimat: Angka buta aksara di Indonesia terus menurun seiring dengan terlaksananya berbagai strategi yang inovatif dan sinergi berbagai pemangku kepentingan.

6. Andal: TangguhContoh Kalimat: Kejuaraan Renang Tingkat Provinsi Jawa Barat ini diharapkan menghasilkan perenang muda andal.

7. Anteng: Tenang; DiamContoh Kalimat: Balita yang ditinggal ibunya itu anteng setelah diberi susu dan mainan.

8. Apatis: Tidak peduli; Masa bodohContoh kalimat: Jelang Pilkada 2024, KPU berharap masyarakat tidak apatis.

9. Argumen: AlasanContoh kalimat: Dua kubu tim sukses pasangan cagub-cawagub adu argumen saat tampil di acara talkshow televisi.

10. Arogan: Angkuh; SombongContoh kalimat: Orang yang arogan biasanya merasa paling hebat, bahkan kerap kali memaksakan kehendaknya.

Topik Menarik