10 Makanan Khas Bandung yang Harus Dicoba, Murah Dijamin Bikin Ketagihan

10 Makanan Khas Bandung yang Harus Dicoba, Murah Dijamin Bikin Ketagihan

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 09:29
share

Ada beberapa makanan khas Bandung yang wajib dicicipi. Diketahui, Bandung memiliki ragam kuliner yang khas dan nikmat. Dari yang rasanya manis, asin, hingga pedas ada, dan harganya pun murah meriah.

Bukan cuma yang tradisional, Bandung juga menawarkan makanankekinian yang tak kalah menggoyah lidah. Lantas, makanan khas Bandung apa saja yang Anda harus coba?

Berikut 10 rekomendasinya, yang dirangkum pada Senin (23/9/2024).

Baca Juga: 5 Makanan Khas Bekasi, Nomor Buncit Namanya Unik

Makanan Khas Bandung Murah Bikin Ketagihan

1. Seblak Bandung

 

iStock

Makanan satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat, karena citra rasa yang dihasilkan dari seblak membuat penikmat makanan pedas menjadi ketagihan.

Seblak khas Bandung terdiri dua jenis yaitu seblak kering dan seblak kuah. Biasanya seblak menjadi nikmat ketika ditambahkan kerupuk, mi, bakso hingga sosis.

Bagi Anda yang ingin menikmati seblak, Anda dapat mengunjungi kuliner terkenal di Bandung salah satunya Seblak Kawani.

Seblak Kawani menawarkan berbagai topping seperti ceker, kwetiau, basreng, hingga mi telor. Harga makanan ini biasanya berkisar Rp25.000 per porsi.

2. Colenak

 

Shutterstock

Colenak merupakan singkatan dari cocol dan enak. Makanan ini dibuat dari peuyeum sampeu (tape singkong) yang dibakar lalu dihidangkan dengan saus yang terbuat dari lelehan gula merah dicampur kelapa.

Colenak sudah ada sejak 1930, dan hingga kini masih dilestarikan oleh masyarakat Bandung. Seiring waktu, banyak varian colenak yang dikembangkan oleh para pedagang, mulai menggunakan saus santan hingga dicampur dengan durian matang.

Anda bisa menikmati colenak antara laib di Colenak Murdi Putra di Jalan Kidang Pananjung No. 3, Dago, Kecamatan Coblong, Bandung. Tempat ini terkenal dengan colenak autentiknya dan sudah berdiri sejak 1930. Harga makanan ini biasanya berkisar Rp10.000 per porsi.

3. Mie Kocok Bandung

Mie kocok Bandung cocok bagi Anda yang ingin menikmati makanan berkuah. Anda dapat menemukan makanan ini di pinggir jalan yang ditawarkan oleh berbagai pedagang menggunakan gerobak.

Makanan khas ini berupa mi yang bentuknya pipih dicampur dengan sayuran maupun tauge, dan biasanya ditambahkan kikil sapi.

Pedagang sebelum menyajikan mie kocok Bandung kepada pembeli, biasanya mengaduk mi dan campurannya tersebut. Anda dapat menemukan makanan ini di kedai Mie Kocok Mang Dadeng, Jalan Naripan, Bandung. Mie kocok di sini cita rasanya autentik. Harganya sekitar Rp30.000 per porsi.

4. Batagor

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu digoreng. Batagor menjadi salah satu bukti nyata dari kreativitas pelaku kuliner Bandung.

Makanan ini berupa tahu yang diisi adonan ikan tenggiri, kemudian digoreng hingga keemasan dan disiram dengan saus kacang yang kental, menciptakan harmoni rasa yang sulit dilupakan.

Anda dapat menemukan batagor di jalan-jalan Kota Bandung, salah satunya di Jalan Veteran. Batagor di sini sangat terkenal, bahkan paling ditunggu oleh masyarakat setempat. Harga per porsinya sekitar Rp8.000 hingga 18.000.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Indonesia Terbuat dari Serangga, Berani Mencobanya?

5. Surabi

 

iStock

Surabi telah menjadi ikon kuliner Bandung selama beberapa generasi. Makanan khas ini dibuat dari adonan tepung beras yang dipanggang dalam tungku khusus. Surabi hadir dalam berbagai varian, dari yang original dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair hingga varian modern dengan topping keju, cokelat, atau bahkan durian.

Surabi Mak Euceum The Legend menjadi salah satu yang paling dicari karena menawarkan perpaduan sempurna antara gurihnya oncom dengan manis surabi. Anda dapat mengunjunginya di Jalan Setrasari Kulon, Bandung. Harga surabi di sini berkisar Rp3.000 hingga Rp7.000 per porsi.

6. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom menjadi salah satu bukti bahwa kesederhanaan bisa menjadi sumber kelezatan luar biasa. Makanan khas ini berupa nasi yang ditumbuk bersama oncom goreng, disajikan dengan lalapan dan sambal, menciptakan pengalaman makan yang memuaskan.

Nasi Tutug Oncom Teh Itah di Jalan Dago Pojok No. 32 menjadi tujuan favorit para penikmat makanan, karena tempat ini menawarkan cita rasa rumahan dan memiliki lauk untuk menemani nasi tutug oncom sesuai selera, seperti ayam, tempe, lalapan, dan tahu. Makanan ini biasanya dijual Rp21.000 per porsi.

7. Cimol

 

Shutterstock

Cimol merupakan camilan berbahan dasar tepung kanji. Makanan khas ini mungkin terlihat sederhana, namun memiliki daya tarik yang sulit ditolak.

Cimol biasanya berupa bulatan-bulatan kecil yang renyah di luar namun kenyal di dalam. Makanan ini umum disajikan dengan taburan bumbu pedas. Anda dapat menikmati cimol Bojot AA yang berada di Antapani, Kiaracondong hingga Ujung Berung.

Cimol Bojot AA telah menjadi incaran para pecinta jajanan jalanan, karena tempat ini menawarkan rasa cimol yang konsisten dan harganya yang sangat terjangkau, yakni Rp18.000 per porsi.

8. Lotek Bandung

Lotek Bandung memiliki karakteristik tersendiri, karena pada makanan khas ini terdapat sayuran segar seperti kacang panjang, taoge, dan kangkung yang disiram dengan saus kacang sehingga menciptakan paduan rasa segar gurih yang memikat.

Lotek Kalipah Apo 42 menjadi salah satu yang paling direkomendasikan, dengan bumbu kacang yang kaya rasa dan tidak terlalu berminyak. Lotek Kalipah sudah berdiri sejak 1953. Makanan ini biasanya dijual seharga Rp38.000 untuk satu porsi.

9. Pisang Bolen

 

iStock

Pisang bolen juga menjadi bukti bahwa inovasi bisa muncul dari bahan-bahan sederhana. Bolen merupakan pisang yang dibungkus dengan adonan pastry, kemudian digoreng sampai keemasan sehingga menciptakan tekstur renyah di luar namun lembut di dalam.

Pisang bolen Kartika Sari di Jalan H. Akbar No. 4 Pasir Kaliki, Bandung, telah menjadi tempat favorit untuk mendapatkan camilan tersebut. Toko ini menawarkan berbagai variasi bolen, mulai original hingga yang diisi cokelat dan keju. Makanan ini biasanya dijual Rp42.000 dengan isi 6 potong.

10. Cireng

Makanan khas terakhir yang wajib Anda nikmati ketika berkunjung ke Bandung yaitu cireng. Cireng dibuat dari adonan tepung kanji yang digoreng hingga renyah. Cireng biasanya disajikan dengan saus pedas yang menggugah selera.

Cireng Cipaganti di Jalan Cipaganti No. 143 menjadi salah satu yang paling dicari. Cireng ini memiliki tekstur yang renyah di luar, namun tetap kenyal di dalam. Harga makanan satu ini sekitar Rp15.000 per porsi.

Demikian ulasan mengenai 10 makanan khas Bandung yang Anda harus coba, murah dan dijamin bikin ketagihan.MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik