7 Sayuran Nyaris Tanpa Kalori, Pilihan Tepat untuk Diet Sehat

7 Sayuran Nyaris Tanpa Kalori, Pilihan Tepat untuk Diet Sehat

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 24 September 2024 - 11:30
share

Beberapa sayuran nyaris tanpa kalori bisa menjadi pilihan tepat untuk diet sehat. Sayuran adalah bagian penting dari diet sehat karena kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Beberapa jenis sayuran memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, menjadikannya pilihan sempurna untuk mereka yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan. Sayuran dengan kalori yang hampir nol ini tidak hanya membantu menjaga asupan kalori tetap terkendali.

Tetapi juga memberikan nutrisi esensial tanpa menambah berat badan. Dengan menambahkan sayuran-sayuran ini ke dalam pola makan harian, Anda bisa menikmati makanan yang lezat dan memuaskan tanpa khawatir menambah kalori berlebih.

Berikut adalah sayuran nyaris tanpa kalori yang dapat menjadi bagian dari diet harian Anda dilansir dari Health Shots, Selasa (24/9/2024).

7 Sayuran Nyaris Tanpa Kalori

Baca Juga: Selain Brokoli, Ini Daftar Sayuran yang Bisa Mengatasi Asam Urat

1. Selada

Selada adalah salah satu sayuran paling rendah kalori yang biasa digunakan sebagai bahan utama dalam salad. Setiap 100 gram selada hanya mengandung sekitar 15 kalori. Selain itu, selada kaya akan serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selada juga mengandung banyak air, sehingga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sayuran ini juga membantu menjaga kesehatan kulit dan penglihatan berkat kandungan vitamin A, menjaga berat badan karena rendah kalori dan memberikan rasa kenyang lebih lama, serta menyediakan antioksidan untuk melawan radikal bebas.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya nutrisi namun sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gram bayam, hanya terdapat sekitar 23 kalori. Bayam mengandung banyak serat, vitamin A, vitamin K, zat besi, dan kalsium. Selain itu, bayam juga kaya antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit.

Konsumsi bayam terbukti bisa meningkatkan kesehatan tulang karena kandungan vitamin K dan kalsiumnya, membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung nitrat alami, serta mendukung kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait penuaan.

3. Timun

Timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, mencapai lebih dari 95 persen, dan rendah kalori, hanya sekitar 16 kalori per 100 gram. Timun tidak hanya menyegarkan tetapi juga membantu detoksifikasi tubuh dan menjaga hidrasi. Timun mengandung vitamin K, kalium, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.

Manfaat timun juga membantu menjaga hidrasi tubuh berkat kandungan air yang tinggi, menyediakan antioksidan untuk melawan peradangan, dan mendukung kesehatan kulit dan rambut dengan membantu produksi kolagen.

Baca Juga: 8 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan saat Kolesterol Tinggi

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang sangat padat nutrisi tetapi rendah kalori, dengan hanya sekitar 34 kalori per 100 gram. Brokoli kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, serta mineral seperti kalsium dan kalium. Selain itu, brokoli mengandung senyawa antioksidan dan anti-kanker yang kuat seperti sulforaphane.

Konsumsi brokoli bisa mendukung kesehatan jantung dan pencernaan dengan kandungan serat yang tinggi, menyediakan antioksidan yang membantu melawan kanker dan radikal bebas serta mendukung sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi.

5. Asparagus

Asparagus adalah sayuran rendah kalori yang mengandung sekitar 20 kalori per 100 gram. Sayuran ini merupakan sumber serat, folat, vitamin A, C, E, dan K yang sangat baik. Asparagus juga mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat konsumsi asparagus bisa membantu detoksifikasi tubuh dengan merangsang fungsi ginjal, mendukung kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya hingga meningkatkan kesehatan otak berkat kandungan folat dan antioksidan.

6. Seledri

Seledri sering dikenal sebagai makanan kalori negatif karena tubuh membutuhkan lebih banyak kalori untuk mencernanya dibandingkan jumlah kalori yang sebenarnya dimilikinya. Setiap 100 gram seledri hanya mengandung sekitar 16 kalori. Selain itu, seledri kaya akan serat, vitamin K, kalium, dan folat, serta membantu mengurangi retensi air dalam tubuh.

Manfaat seledri lainnya adalah membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh, mendukung kesehatan jantung dengan kandungan serat dan antioksidannya, dan membantu menurunkan tekanan darah berkat efek diuretiknya yang alami.

Baca Juga: 10 Sayuran yang Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

7. Kubis

Kubis adalah sayuran rendah kalori dengan hanya sekitar 25 kalori per 100 gram. Sayuran ini kaya akan serat, vitamin C, vitamin K, dan antioksidan, seperti polifenol dan sulforaphane, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Kubis juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sayuran ini juga bisa menyehatkan pencernaan dengan kandungan seratnya, membantu melawan peradangan dan melindungi tubuh dari penyakit kronis, dan menyediakan vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatankulit.

Topik Menarik