10 Prospek Menjanjikan Lulusan Pendidikan Fisika, Ternyata Bukan Hanya Menjadi Pengajar

10 Prospek Menjanjikan Lulusan Pendidikan Fisika, Ternyata Bukan Hanya Menjadi Pengajar

Terkini | sindonews | Rabu, 11 September 2024 - 12:00
share

Ini prospek lulusan jurusan kuliah Pendidikan Fisika paling menjanjikan di masa depan. Pendidikan fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang dasar fisika, namun fokusnya lebih diterapkan ke dalam dunia pendidikan dan pengajaran.

Oleh karena itu, jurusan ini lebih memfokuskan ke metode-metode pembelajaran fisika kepada mahasiswa.

Meski demikian, lulusan Pendidikan Fisika memiliki prospek kerja yang tidak hanya menjadi pengajar. Selain itu, Pendidikan Fisika memiliki mata kuliah di yang beragam, karena itu lulusan Pendidikan Fisika dapat meniti karier menjadi peneliti, PNS, content writer, dan lain-lain.

Lalu, apa saja prospek kerja lulusan pendidikan fisika? Melansir dari berbagai sumber, simak informasi di bawah ini.

10 Prospek Menjanjikan Lulusan Pendidikan Fisika

1. Ilmuwan

Prospek kerja lulusan pendidikan fisika mendapat kesempatan untuk menjadi ilmuwan, karena di dalam mata kuliah jurusan pendidikan fisika terdapat berbagai materi senyawa dan zat yang dapat diimplementasikan sebagai seorang ilmuwan.

Selain itu, mereka dengan lulusan pendidikan fisika dapat melakukan penelitian di berbagai bidang, seperti fisika teoritis, eksperimental, dan terapan.

2. Insinyur Fisika

Lulusan Pendidikan Fisika tidak menutup kemungkinan untuk menjadi seorang insinyur di perusahaan manufaktur, energi dan teknologi.

Tak hanya itu, lulusan ini juga mendapat kesempatan untuk mengembangkan suatu produk dan perancangan sistem melalui prinsip-prinsip fisika

3. Analisis data dan Pemodelan Matematis

Prospek ini sesuai bagi lulusan Pendidikan Fisika yang menekuni bidang pemodelan matematis dan memiliki kemampuan analisis yang dapat diterapkan di berbagai bidang seperti keuangan dan ilmu data. Mereka dengan lulusan Pendidikan Fisika dapat bekerja sebagai analisis data dan pengembangan model prediktif.

4. Ahli Meteorologi dan Klimatologi

Lulusan Pendidikan Fisika yang memiliki pemahaman tentang dinamika atmosfer dan proses fisis iklim dapat menerapkan dalam bidang meteorologi dan klimatologi. Lulusan ini juga dapat bekerja di lembaga perkiraan cuaca dan badan penelitian iklim sejenisnya.

5. Spesialis Instrumentasi dan Kontrol

Lulusan Pendidikan Fisika juga dapat berkontribusi sebagai spesialis di bidang pengembangan, kalibrasi, dan sistem kontrol. Prospek dapat ditemukan di lembaga yang berfokus di laboratorium, industri manufaktur dan penyedia fasilitas energi.

6. Spesialis Energi Keberlanjutan

Lulusan Pendidikan Fisika juga bisa bekerja di bidang pengembangan energi terbarukan dan keberlanjutan lingkungan. Bagi mereka yang memahami tentang prinsip-prinsip energi dapat berkontribusi di perusahaan energi dan lembaga penelitian.

7. Fisikawan Medis

Lulusan Pendidikan Fisika dapat bekerja di bidang medis, seperti radiologi, terapi radiasi, dan fisika medis. Tak hanya itu, lulusan ini juga dapat berkontribusi dalam pengembangan pengoperasian peralatan medis, tentunya berbasis ilmu dan prinsip fisika.

8. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Lulusan Pendidikan Fisika juga dapat bekerja sebagaI PNS atau ASN di lembaga pemerintahan. Lembaga yang menyediakan pekerjaan ini seperti LIPI, BATAN dan LAPAN. Karena itu, lulusan pendidikan fisika juga harus memiliki strategi yang matang dalam memilih lembaga sewaktu tes CPNS.

9. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Bekerja di lembaga BUMN juga bisa dapat dicoba setelah lulus dari kuliah. Lembaga yang memberikan peluang pekerjaan bagi lulusan Pendidikan Fisika, seperti perusahaan Pertamina dan PLN.

10. Perusahaan Energi

Lulusan Pendidikan Fisika bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang energi. Perusahaan energi baik milik negara maupun swasta. Selain itu, perusahaan energi yang memberi peluang bagi lulusan ini, seperti PT Pertamina Geothermal Energi Tbk (PGEO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan Petronas.

Itulah ulasan mengenai prospek menjanjikan lulusan jurusan kuliah Pendidikan Fisika. Semoga ulasan ini menjadi pengetahuanmu ya!

MG/Bramcov Stivens Situmeang

Topik Menarik