Cerita Mahmud MD Naik Jet Pribadi Bukan untuk Hedon ataupun Flexing

Cerita Mahmud MD Naik Jet Pribadi Bukan untuk Hedon ataupun Flexing

Nasional | sindonews | Sabtu, 7 September 2024 - 07:25
share

Mantan Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengaku kerap naik jet pribadi milik Jusuf Kalla (JK). Namun, penggunaan jet pribadi itu bukan sekadar hedon ataupun flexing yang kerap ditunjukkan oleh publik figur akhir-akhir ini.

"Saya sering naik private jet (PJ) milik Pak JK (Jusuf Kalla). Saat jadi Ketua MK, sy pernah naik PJ Pak JK Jakarta-Makassar karena diundang khutbah hari raya di Masjid Almarkaz (Makassar). Pak JK sebagai Ketua Pembina Masjid, mengantar dan menemani saya dengan PJ-nya, plus kamar hotel," kata Mahfud MD melalui Instagramnya @mohmahfudmd sebagaimana dilihat, Sabtu (7/9/2024).

Menurutnya, pada November 2022, ada Munas KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah. Tokoh-tokoh KAHMI menyumbang sesuai pilihan, ada yang handle gedung, katering, gala dinner, hotel, dan transportasi.

"Lalu panitia mengatur. Atas usul Pak JK, saya ditugaskan berangkat dengan rombongan PJ Pak JK. Ada juga Pak Anies (Baswedan) di situ," tuturnya.

Menurut Mahfud, sempat ada yang menanyainya, apakah hal itu bukan gratifikasi. Dia menyebutkan bukan lantaran dia menerima undangan khuthbah, harus pergi dan menginap di Makassar tanpa harus mengeluarkan biaya negara.

"Yang di KAHMI (foto di atas), Pak JK dan saya sama-sama ketua dewan di Majelis Nasional KAHMI. Pak JK Ketua Dewan Etik, saya Ketua Dewan Pakar. Jadi share kami diurus Panitia Munas," terangnya lagi.

Mahfud menambahkan, tak ada pemberian cuma-cuma, hedon, ataupun flexing dalam penggunaan jet pribadi milik Jusuf Kalla tersebut. "Tak ada pemberian cuma-cuma, hedon, atau flexing sama sekali, seperti yg sejumlah yg diramaikan belakangan ini, dan itu semua tanpa honorarium sepeser pun," katanya.

Topik Menarik