Pentingnya Penguatan SDM terkait Peningkatan Kompetensi

Pentingnya Penguatan SDM terkait Peningkatan Kompetensi

Nasional | sindonews | Jum'at, 6 September 2024 - 20:40
share

Universitas Sam Ratulangi, Manado bersama PT Surveyor Indonesia meneken nota kesepahaman perjanjian kerja sama. Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Universitas Sam Ratulangi Oktovian Berty Alexander Sompie dan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna di Auditorium Fakultas Teknik.

Adapun ruang lingkup perjanjian ini adalah keterlibatan perusahaan dalam peningkatan kompetensi dalam lingkup akademis sekaligus praktis melalui program magang, kuliah umum, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Acara itu juga dihadiri oleh Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Fabian J. Manoppo.

Perjanjian kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan pengembangan sumber daya manusia melalui keterlibatan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, serta sebagai upaya mendorong pemenuhan sustainable development goals (SDGs) nomor 4 dan 17 tentang Pendidikan Bermutu dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, serta keinginan untuk hadir dalam lingkup akademis untuk mendukung pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: SCG Berikan Beasiswa untuk 410 Pelajar, Siapkan SDM Berkualitas Menuju Indonesia Emas 2045

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna mengungkapkan bahwa komitmen terhadap pendidikan harus diperhatikan oleh lebih banyak korporasi nasional, dan menekankan pentingnya kemajuan bersama antara akademisi dan praktisi.

“Hubungan yang kuat dan saling mendukung antara akademisi dan praktisi seperti ini harus terus menjadi komitmen, sehingga kemudian dapat terwujud kemajuan yang progresif dan saling menyokong dalam ekosistem pendidikan tinggi, serta pengembangan sumber daya manusia yang menghasilkan generasi dengan basis akademis yang kuat namun sekaligus memiliki kecakapan atau kehandalan teknikal maupun praktikal yang dapat diterapkan dalam lingkup profesional,” kata Sandry dikutip Jumat (6/9/2024).

Rektor Universitas Sam Ratulangi Oktovian Berty Alexander Sompie juga turut menyuarakan dukungannya terhadap keterlibatan korporasi dalam lingkup akademis. Dia menuturkan, saat ini perubahan di dunia kerja berjalan sangat cepat, berbeda dengan kampus yang memiliki kecepatannya sendiri.

“Atas hal tersebut diperlukan Perguruan Tinggi yang lebih adaptif dan fleksibel dengan dunia kerja, dunia usaha, dunia industri, serta dengan berbagai kemajuan dan perkembangan yang terjadi di dunia pekerjaan, dunia usaha dan dunia industri. Sehingga kerjasama dengan PTSI dapat menunjang semua Program yang telah dicanangkan,” ujarnya.

Sejalan dengan hal itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Surveyor Indonesia Lussy Ariani Seba juga memastikan bahwa perusahaan akan terus hadir mendukung penguatan pendidikan tinggi nasional. “Komitmen seperti ini bukan pertama kali bagi kami, selain dengan Universitas Sam Ratulangi, kami juga memiliki hubungan yang sangat baik dengan Telkom University, Institut Pertanian Bogor, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Hasanuddin,” ungkapnya.

“Komitmen ini penting bagi kami sebagai perusahaan Testing, Inspection, and Certification yang sangat dipengaruhi oleh kompetensi sumber daya manusia, dan kampus-kampus merupakan tempat paling tepat untuk mengembangkan kompetensi akademis dan praktis,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Fabian J. Manoppo. “Pengembangan SDM dalam lingkup universitas ini sangat menyeluruh dan memberikan dampak yang sangat baik bagi dosen, mahasiswa, dan juga pegawai. Kegiatan baik ini merupakan hasil dari kolaborasi dan hubungan baik antara Universitas Sam Ratulangi dan PTSI,” tandasnya.

Topik Menarik