10 Kampus dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Versi Scimago 2024, Ini Profesi Keren Alumninya

10 Kampus dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Versi Scimago 2024, Ini Profesi Keren Alumninya

Terkini | sindonews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 08:00
share

Ini daftar 10 kampus jurusan Hukum terbaik versi Scimago Institutions Rankings (SIR) 2024 yang perlu diketahui. Jurusan Hukum menjadi prodi primadona calon mahasiswa di jurusan rumpun Soshum. Profesi bidang hokum yang menjanjikan menjadi salah satu faktor kenapa jurusan ini selalu diidamkan.

Lembaga SIR 2024 telah merilis 10 kampus di Indonesia dengan jurusan hukum terbaik yang menjadi incaran seluruh mahasiswa. Universitas mana saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

10 Kampus dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia Versi Scimago 2024

1. Universitas Airlangga (Unair)

2. Universitas Indonesia (UI)

3. Universitas Hasanuddin (Unhas)

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

5. Universitas Negeri Sebelas Maret

6. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

7. Universitas Gadjah Mada

8. Universitas Brawijaya

9. Universitas Negeri Semarang

10. Universitas Udayana

Tugas dari seorang jaksa yang lainnya adalah untuk menghadirkan bukti-bukti yang memberatkan tersangka. Jadi nantinya tersangka itu akan memperoleh hukuman yang tepat sesuai dengan pelanggaran pidana yang mereka lakukan.

2. Pengacara

Pengacara merupakan praktisi hukum yang bertugas untuk mewakili klien mengatasi berbagai masalah hukum. Tugasnya adalah sebagai pembela yang mencari jalan keluar untuk meringankan klien dari tuntutan hukum serta menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan sebaik-baiknya.

3. Hakim

Merupakan praktisi hukum yang bertugas untuk memberikan keadilan atau putusan terhadap masalah yang berlaku. Bertugas untuk memberikan keadilan, menjatuhkan vonis sekaligus menjadi tonggak paling penting dalam sidang.

4. Konsultan Hukum

Konsultan hukum adalah orang yang berprofesi untuk memberikan arahan, saran, atau pandangan terhadap permasalahan hukum yang berlangsung. Jadi konsultan inilah yang bertanggungjawab untuk mencari jalan tengah dan solusi demi meminimalkan kerugian dari masalah yang dihadapi oleh klien mereka.

5. Notaris

Notaris merupakan profesi yang berkaitan dengan berbagai dokumen, semisal pembuatan akta tanah, surat perjanjian, warisan dan lain sebagainya. Jadi ketika ingin melakukan pembuatan dokumen atau mengurus hal-hal yang terkait dengan hal tersebut, maka klien dapat memilih bantuan notaris untuk mengatasinya.

6. Diplomat

Profesi yang satu ini juga dapat menjadi profesi yang bisa Anda pilih ketika lulus dari sekolah hukum. Merupakan orang yang berprofesi untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan hubungan internasional. Mulai dari ekonomi, kesepakatan perdamaian, hubungan internasional, HAM dan lain-lain.

7. Staf Kementerian

Lulusan sarjana hukum juga banyak yang memilih untuk bekerja menjadi staff kementerian. Selain terkenal sebagai profesi yang prestisius, staff kementerian juga memiliki gaji besar.

8. Pengusaha

Selain berkarier sebagai praktisi hukum, seorang lulusan fakultas ini juga banyak yang memilih untuk menjadi pengusaha. Pengusaha yang mengerti ilmu hukum menjadi kelebihan tersendiri, sebab mereka bisa mengelola bisnis dengan maksimal tanpa perlu melakukan pelanggaran terhadap aturan yang ada.

9. Dosen

Lulusan fakultas hukum juga dapat memilih profesi sebagai dosen. Seperti layaknya dosen pada umumnya, tugas mereka adalah memberikan pengajaran serta menyampaikan ilmu dan materi yang berkaitan dengan hukum.

Topik Menarik