5 Waktu Terlarang Minum Kopi, Jangan Asal Konsumsi

5 Waktu Terlarang Minum Kopi, Jangan Asal Konsumsi

Gaya Hidup | sindonews | Kamis, 4 Juli 2024 - 09:40
share

Kopi adalah minuman favorit banyak orang yang terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan. Namun, tidak semua waktu adalah saat yang tepat untuk menikmati secangkir kopi.

Beberapa waktu tertentu dapat membuat konsumsi kopi berdampak negatif pada kesehatan. Namun, jika dikonsumsi pada waktu yang tepat, kopi adalah minuman yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Menghindari kopi pada waktu-waktu tertentu seperti pagi hari setelah bangun tidur, menjelang tidur, sebelum atau setelah makan, saat merasa cemas atau stres, dan saat dehidrasi dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara optimal.

Berikut adalah lima waktu terlarang untuk minum kopi yang perlu diketahui untuk menjaga kesehatan dilansir dari Times of India, Kamis (4/7/2024).

5 Waktu Terlarang Minum Kopi

Baca Juga: 8 Alasan Minum Kopi Tiap Pagi Bisa Bikin Panjang Umur

1. Pagi Hari setelah Bangun Tidur

Meski terdengar mengejutkan, minum kopi segera setelah bangun tidur bukanlah pilihan terbaik. Tubuh secara alami memproduksi hormon kortisol, yang membantu Anda merasa lebih waspada, sekitar pukul 6 hingga 10 pagi.

Mengonsumsi kafein pada saat ini dapat mengganggu produksi kortisol dan membuat tubuh lebih bergantung pada kafein untuk tetap terjaga. Sebaiknya, minum kopi setelah satu atau dua jam bangun tidur, ketika kadar kortisol mulai menurun.

2. Menjelang Tidur

Minum kopi di sore atau malam hari bisa mengganggu tidur Anda. Kafein adalah stimulan yang dapat tetap berada dalam sistem tubuh selama 6 hingga 8 jam. Mengonsumsi kopi kurang dari 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur dan menyebabkan insomnia.

Jika Anda membutuhkan minuman hangat di malam hari, pilihlah teh herbal yang bebas kafein sebagai pengganti.

Baca Juga: Efek Samping Minum Kopi setelah Konsumsi Obat, Waspada Komplikasi

3. Sebelum atau setelah Makan

Minum kopi tepat sebelum atau setelah makan dapat memengaruhi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kafein dapat mengganggu penyerapan zat besi dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, kopi juga bisa meningkatkan produksi asam lambung yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Beri jeda setidaknya satu jam antara waktu makan dan minum kopi untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi.

4. Saat Merasa Cemas atau Stres

Kafein dapat meningkatkan kadar kortisol dan adrenalin dalam tubuh, yang dapat memperburuk perasaan cemas dan stres. Jika Anda sudah merasa cemas atau stres, minum kopi dapat membuat perasaan tersebut semakin intens.

Dalam situasi seperti ini, cobalah minuman yang lebih menenangkan seperti teh hijau yang mengandung theanine, yang bisa membantu menenangkan saraf.

Baca Juga: 4 Efek Samping Minum Kopi setelah Makan bagi Kesehatan dan Penampilan

5. Saat Dehidrasi

Kopi memiliki efek diuretik yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Jika Anda sudah dehidrasi atau merasa sangat haus, minum kopi bisa memperburuk kondisi tersebut.

Sebaiknya, minumlah air putih atau minuman elektrolit untuk menghidrasi tubuh terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi.

Topik Menarik