5 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan FMCG

5 Jurusan Teknik yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan FMCG

Terkini | sindonews | Selasa, 2 Juli 2024 - 10:28
share

Terdapat sejumlah jurusan teknik yang lulusannya dapat bekerja di FMCG. Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) ini menyediakan barang konsumen berupa produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik yang Dibutuhkan di Masa Depan, Prodi Idamanmu Nomor Berapa?

Ada cukup banyak perusahaan FMCG di Indonesia, misalnya seperti Unilever, Nestle, Danone, Mayora, Indofood, dan masih banyak lagi. Umumnya perusahaan ini memproduksi kebutuhan sehari-hari, macam makanan, minuman, perawatan tubuh, hingga perlengkapan rumah tangga.

Baca juga: Pilih Prodi Ini Dijamin Tak Menyesal, 10 Jurusan Teknik yang Lulusannya Digaji BesarKarena FMCG merupakan perusahaan berskala global, gaji yang ditawarkan ini cukup fantastis sehingga banyak orang yang berlomba-lomba bisa masuk dan terdaftar sebagai pegawai.

5 Jurusan Teknik yang Lulusannya Bekerja di FMCG

1. Teknik Industri

Sebagai lulusan yang menguasai ilmu tentang teknik proses perancangan, jurusan ini akan sangat dibutuhkan untuk merancang produk yang dihasilkan perusahaan FMCG.

Baca juga: 6 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan, Bisa Dijadikan Referensi dalam Pemilihan Prodi

Posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan Teknik Industri di perusahaan FMCG di antaranya untuk posisi market research, technical sales, hingga bidang manajemen sumber daya manusia.

2. Teknik Mesin

Industri yang berkembang pesat dan mulai menggunakan teknologi mesin di setiap lini pasti akan membutuhkan jurusan teknik mesin untuk mengisi beberapa posisi, seperti operator pabrik teknisi.

Baca juga: 5 Lulusan Jurusan Teknik yang Diperkirakan Punya Gaji Besar di Dunia Kerja, Apa Saja?

Karena jurusan ini tidak melulu berkaitan dengan otomotif, tapi juga mempelajari hal-hal terkait konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, juga material.

3. Teknik Elektro

Setiap perusahaan industri pastinya tidak akan lepas dari tenaga listrik, sebab itulah lulusan teknik elektro akan dibutuhkan. Sebab, Teknik Elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Bisa Apa Lulusan Teknik Energi Terbarukan? Ini 10 Prospek Kerja Menantang Alumninya

Karena itu jugalah prospek kerja jurusan ini terbilang sangat luas. Beberapa posisi yang kerap diduduki lulusan teknik elektro diantaranya, Quality Assurance dan Quality Control, system analyst, hingga teknisi listrik.

4. Teknik Kimia

Lulusan jurusan teknik kimia memiliki pengetahuan untuk merekayasa dan menghasilkan suatu produk dengan nilai ekonomis tinggi. Karena itulah jurusan teknik ini sangat dibutuhkan oleh FMCG karena punya nilai plus yang tinggi.

Perusahaan membutuhkan lulusan teknik kimia untuk ditempatkan di bagian pengembang produk. Posisi yang ditawarkan biasanya di bagian research and development, quality control, dan sebagainya.

5. Teknologi Pangan

Jurusan teknik yang banyak bekerja FMCG yang terakhir ini dibutuhkan di industri makanan dan minuman. Mengingat lulusan ini ahli dalam proses pengolahan bahan makanan agar dapat dikonsumsi.

Kebanyakan lulusan jurusan ini nantinya akan ditempatkan di bagian quality control, atau bisa juga mengisi posisi bagian operasi logistik, maupun product manager.

Demikian 5 jurusan teknik yang banyak dibutuhkan perusahaan FMCG. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik