8 Suplemen yang Harus Dikonsumsi Pria Agar Awet Muda, Cegah Penuaan

8 Suplemen yang Harus Dikonsumsi Pria Agar Awet Muda, Cegah Penuaan

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 15:00
share

Ada beberapa suplemen yang harus dikonsumsi pria agar awet muda. Seiring bertambahnya usia pria, terutama setelah usia 40 tahun, kebutuhan nutrisinya pun berubah. Sehingga memerlukan perhatian yang cermat untuk menjaga kesehatan dan vitalitas yang optimal.

Vitamin dan mineral berperan penting dalam mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan seksual, kesehatan jantung, fungsi kognitif, dan tingkat energi secara keseluruhan. Kekurangan nutrisi penting ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari libido yang buruk dan disfungsi ereksi hingga penurunan kualitas sperma dan kadar testosteron. Selain pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif, suplemen tertentu dapat membantu pria tetap bugar dan terlihat awet muda.

Mengintegrasikan suplemen ke dalam rutinitas harian dapat membantu pria menjaga kesehatan, vitalitas, dan penampilan yang awet muda. Berikut adalah suplemen yang membuat pria awet muda dilansir dari Times of India, Senin (1/7/2024).

8 Suplemen yang Harus Dikonsumsi Pria Agar Awet Muda

Baca Juga: 8 Suplemen Meningkatkan Kinerja dan Pemulihan saat Latihan Fisik

1. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penurunan fungsi otot dan kesehatan mental. Mengonsumsi suplemen vitamin D, terutama bagi mereka yang kurang terpapar sinar matahari, dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan meningkatkan mood.

2. Omega-3

Asam lemak omega-3, yang banyak ditemukan dalam minyak ikan, penting untuk kesehatan jantung dan otak. Suplemen omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan mendukung fungsi kognitif yang optimal.

3. CoQ10 (Coenzyme Q10)

CoQ10 adalah antioksidan alami yang membantu menghasilkan energi dalam sel-sel tubuh. Seiring bertambahnya usia, produksi CoQ10 menurun, sehingga suplementasi CoQ10 dapat membantu meningkatkan energi, menjaga kesehatan jantung, dan melawan efek penuaan.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga penting untuk produksi kolagen, yang menjaga kulit tetap elastis dan bebas keriput. Mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan kulit.

Baca Juga: 5 Suplemen yang Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, Cegah Lupa

5. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan lain yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Suplemen vitamin E dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini juga membantu dalam perbaikan sel dan menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

6. Zinc

Zinc adalah mineral penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk sistem kekebalan, produksi hormon, dan penyembuhan luka. Kekurangan zinc dapat mempercepat proses penuaan, jadi suplementasi zinc dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mendukung kesehatan reproduksi.

7. Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang mendukung fungsi otot dan saraf, menjaga kesehatan jantung, dan membantu mengatur kadar gula darah. Suplemen magnesium dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menjaga fungsi otot serta tulang yang optimal.

8. Probiotik

Kesehatan pencernaan yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus, mendukung sistem kekebalan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi. Suplemen probiotik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan vitalitas.

Baca Juga: 5 Suplemen yang Membuat Awet Muda, Ampuh Cegah Penuaan

Topik Menarik