Sholawat Fatih 11x, Khasiat dan Cara Mengamalkannya

Sholawat Fatih 11x, Khasiat dan Cara Mengamalkannya

Gaya Hidup | inews | Selasa, 4 Juni 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Salah satu bacaan sholawat yang lazim didawamkan umat Islam di Indonesia yakni sholawat fatih. Sesuai dengan namanya, Sholawat Fatih ini merupakan kunci atau pembuka.

Diharapkan orang yang membaca shoalwat fatih ini dengan ikhlas kepada Allah dan mengharap syafa'at Baginda Nabi Muhammad SAW akan menjadi pembuka pintu-pintu kebaikan dan keberkahan, baik hal terkait urusan agama, dunia dan akhirat.

Lantas, bagaimana cara mengamalkan sholawat fatih 11 x. Berikut ulasannya.

Sholawat Fatih 11x

.

Latin: Allahumma shalli wa sallim wa barik ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu alayhi, wa ala lihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil azhim.

Artinya,Ya Allah, limpahkanlah shalawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.

Khasiat Sholawat Fatih 11x dan Cara Mengamalkannya

Mursyid Thariqoh Tijaniyah Jatibarang, Brebes, Syekh Sholeh Basalamah menjelaskan, sholawat fatih 11x dibaca setelah sholat fardhu.

"Orang yang mengistikamahkan bacaan sholawat tersebut, insyaallah akan melihat sesuatu pemberian Allah yang menakjubkan. Mudah-mudahan termasuk kita semua, Amin," kata pengasuh Pondok Pesantren Darussalam, Jatibarang, Brebes itu dikutip dari akun @sangkala.

Dilansir dari laman Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB, Ustadz Sayyid Ahmad Dahlan -semoga Allah merahmatinya- menuturkan dalam kitab majmu'nya bahwa sholawat fatih dinisbatkan kepada Sayyid al Qutb al Kamil Sayid Syarif Syeh Abdul Qodir al Jaelani -semoga Allah meridhoinya- sholawat fatih bermanfaat bagi pemula.

Banyak ulama ahli ma'rifat menuturkan rahasia-rahasia dan keajaiban dari sholawat fatih. Barang siapa yang terus menerus membaca sholawat fatih setiap hari akan terbuka baginya banyak hijab.

Secara umum saja, sholawat fatih sesuai dengan pe'nama'annya, Al Fatih artinya pembuka. Diharapkan orang yang membaca dan mendawamkannya tentu dengan penuh khouf dan roja' kepada Allah dan mencintai baginda nabi Muhammad SAW dan mengharap syafa'atnya, Sholawat ini sebagai pembuka pintu-pintu kebaikan dan keberkahan,baik hal terkait urusan agama,dunia dan akhirat.

Cukuplah bagi yang akan mengamalkannya berharap syafa'at dan keberkahan dari baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam perkembangannya sholawat fatih masyhur dalam thoriqoh tijaniyyah.

Wallahu a'lam.

Topik Menarik