Lama Tak Muncul, Ternyata Kla Project Masih Terima Royalti Selama 28 Tahun dari Label Lamanya!

Lama Tak Muncul, Ternyata Kla Project Masih Terima Royalti Selama 28 Tahun dari Label Lamanya!

Gaya Hidup | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 22:02
share

JAKARTA, iNews.id - KLA Project mengaku tak pernah menemukan masalah royalti sepanjang karier bermusiknya. Sebab, Katon Bagaskara cs masih menerima pendapatan bahkan dari mantan labelnya, yakni Pro Sound milik Adi Nugroho.

Pro Sound merupakan label yang menaungi KLA Project sejak album ketiga hingga ketujuh. Vokalis KLA Project, Katon Bagaskara, menceritakan di era 1980-1990 banyak label musik maupun penyanyi yang melakukan sistem beli putus terhadap karya dari band.

"Jadi band-band dulu tuh artis-artis dulu ke KLA tuh semuanya flat pay, beli putus. Jadi bayar perusahaan rekamannya, kelar, mau laku atau nggak laku, lo udah terima duitnya," kata Katon Bagaskara di Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2024).

Adi Adrian selaku Keyboardis KLA Project mengatakan grup bandnya juga pernah ditawarkan bonus jika lagu yang dibeli pihak lain menghasilkan keuntungan besar.

Hanya saja, kata Adi, hal itu sangat jarang terjadi dalam bisnis di industri musik. "Jadi waktu itu kita ditawarin bonus, ada bonus. Kita jawab bonus itu kita dikasih terima kasih kalau nggak dikasih kita nggak ngapa-ngapain. Mestinya royalti. Kalau royalti kalau dikasih ya memang kewajibannya, kalau nggak dikasih ya kita tuntut, itu hak," katanya.

Setelah bergabung dengan Pro Sound, KLA Porject pun baru memahami pentingnya royalti terhadap grup band. Pro Sound bahkan masih rutin membayar royalti meski label tersebut sudah tak aktif lagi di industri musik Indonesia sejak puluhan tahun silam.

"Ya Pak Adi Nugroho bapak angkat KLA Project lah dari album ketiga sampai ke tujuh, dan Pro Sound itu yang sangat komit ke kita, ya kita berterima kasih lah punya bapak angkat beliau dan dia sangat memerhatikan KLA Project," kata Lilo, gitaris KLA Project.

"Royalty itu bagus buat semuanya dan bagus buat kesehatan," katanya.

Topik Menarik