Penyebab Jorge Martin Kena Penalti Turun 3 Posisi di MotoGP Belanda 2024

Penyebab Jorge Martin Kena Penalti Turun 3 Posisi di MotoGP Belanda 2024

Berita Utama | sindonews | Minggu, 30 Juni 2024 - 13:45
share

ASSEN – Bintang Pramac Ducati, Jorge Martin mendapatkan nasib sial di MotoGP Belanda 2024. Dia mendapatkan penalti penurusan posisi di garis start dalam balapan utama di Sirkuit Assen yang akan berlangsung pada Minggu (30/6/2024), pukul 19.00 WIB.

Tak tanggung-tanggung, Martinator -julukan Martin- dihukum pihak steward sebanyak tiga posisi di garis start. Alhasil, dia akan memulai balapan dari tempat kelima, bukan dari posisi kedua seperti yang didapatnya dari kualifikasi.

Baca Juga: Kedodoran di FP2 MotoGP Belanda 2024, Marc Marquez: Anginnya Kencang!

Hukuman itu sendiri diberikan karena pembalap asal Spanyol tersebut dinilai melaju dengan pelan di garis balap dalam sesi Kualifikasi 2 (Q2). Kebetulan ada Raul Fernandez di belakangnya sehingga dia dinilai mengganggu rider Trackhouse Aprilia itu dalam membukukan catatan waktunya.

“Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mendapat penalti grid tiga tempat untuk balapan hari Minggu di Motul TT Assen. Pemimpin Kejuaraan Dunia itu dinilai melaju perlahan di garis balap dan mengganggu Raul Fernandez (Trackhouse Racing MotoGP™) di Q2,” tulis pernyataan di laman resmi MotoGP, yang dilansir pada Minggu (30/6/2024).

Hukuman itu jelas cukup merugikan bagi Martin. Sebab, dirinya sedang berusaha keras untuk mematahkan dominasi sang rival, Francesco Bagnaia, di MotoGP Belanda 2024.

Baca Juga: Pramac Racing Resmi Gabung Tim Satelit Yamaha di MotoGP 2025

Pada sprint MotoGP Belanda 2024 yang digelar pada Sabtu (30/6/2024) malam WIB, Martin hanya mampu finis sebagai runner up di belakang Bagnaia, yang tak terkalahkan sejak start dari posisi terdepan. Dia menyelesaikan balapan dengan jarak 2,3 detik di belakangnya.

Dengan hasil tersebut, kini sang bintang Ducati Lenovo hanya berjarak 15 poin saja dari tempatnya di puncak klasemen sementara. Oleh karena itu, Martin tak boleh kehilangan banyak poin lagi dalam balapan utama di Sirkuit Assen nanti.

Topik Menarik