Ngeri, Serangan Teror di Turki, Tewaskan 5 Orang dan 22 Terluka

Ngeri, Serangan Teror di Turki, Tewaskan 5 Orang dan 22 Terluka

Berita Utama | sidoarjo.inews.id | Kamis, 24 Oktober 2024 - 10:40
share

ANKARA, iNewsSidoarjo.id - Ngeri, aksi teror mengejutkan di Turki hingga menewaskan 5 orang di di kantor pusat Turkish Aerospace Industries, Turki, pada Rabu (23/10/2024) malam waktu setempat.

Teror dilakukan dua pelaku dan sedikitnya 22 orang terluka. Para saksi mengaku mendengar suara tembakan dan ledakan. Melangsir dari okezone.com, Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan kedua penyerang tewas setelah serangan itu.

Dari seluruh korban luka, ia menambahkan, ada dua orang yang kondisinya kritis.

“Dua teroris dinetralkan dalam serangan teror di lokasi TUSAS Ankara Kahramankazan," kata Yerlikaya, melansir Reuters, Kamis (24/10/2024).

"Sayangnya, kami memiliki lima martir dan 22 orang terluka dalam serangan itu. Tiga dari yang terluka sudah dipulangkan dari rumah sakit, 19 dari mereka masih dalam perawatan," imbuhnya.

Yerlikaya menyebutkan, para pelaku "sangat mungkin" adalah anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang. Gaya tindakan tersebut menunjukkan bahwa kemungkinan besar PKK yang melakukan serangan tersebut.

"Setelah identifikasi selesai dan bukti lainnya menjadi lebih jelas, kami akan berbagi informasi yang lebih konkret," katanya.

 

Saksi mata mengatakan kepada Reuters, karyawan di dalam gedung telah dibawa ke tempat penampungan oleh pihak berwenang dan tidak seorang pun diizinkan untuk pergi selama beberapa jam.

Mereka mengatakan ledakan yang mereka dengar mungkin terjadi di pintu keluar yang berbeda saat karyawan meninggalkan kantor untuk hari itu. Para saksi kemudian mengatakan evakuasi personel dari kampus TUSAS telah dimulai dan bus-bus diizinkan pergi karena operasi telah berakhir.

Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte mengutuk serangan itu dan mengatakan aliansi militer akan mendukung sekutunya, Turki.

Sementara itu, Angkatan udara Turki melakukan serangan udara di Irak utara dan Suriah utara dan menghancurkan 32 target PKK, kata kementerian pertahanan pada Rabu malam waktu setempat. Disebutkan, banyak anggota PKK tewas. iNewsSidoarjo

Topik Menarik