CEO Baru Nike, Elliott Hill Merintis Karier dari Anak Magang

CEO Baru Nike, Elliott Hill Merintis Karier dari Anak Magang

Gaya Hidup | serpong.inews.id | Sabtu, 28 September 2024 - 11:10
share

OREGON, iNewsSerpong.id - Nike belum lama ini mengumumkan Elliott Hill akan menjabat sebagai CEO perusahaan menggantikan John Donahoe yang pensiun pada 13 Oktober mendatang. Donahoe bergabung dengan dewan direksi Nike pada tahun 2014 dan menjadi CEO pada Januari 2020. 

Adapun Hill memulai perjalanan kariernya di Nike sejak tahun 1988, di mana dia menjadi peserta magang yang ditempatkan pada divisi baju olahraga. Hill mengikuti program magang selama dua tahun sebelum menjabat sebagai sales untuk grafis olahraga.

Kariernya terus menanjak di Nike, dimulai dari Sales Representative hingga Sales Management. Lalu pada tahun 1998, Hill menjabat sebagai Direktur Tim Divisi Olahraga selama dua tahun. Kemudian, pada 2000 dia ditunjuk sebagai Wakil Presiden untuk EMEA Sales dan Retail.

Hill menjabat berbagai jabatan wakil presiden Nike di berbagai bidang dan terakhir Wakil Presiden dan Manajer Umum Nike Area Amerika Utara sampai 2013. Setelah itu dia sempat menjabat beberapa posisi sebagai Presiden Nike berbagai bidang dari 2013 hingga 2020. 

Hill sempat pensiun sementara dari Nike pada 2020 dengan jabatan terakhir Presiden Konsumer dan Marketplace.

Mengutip Forbes, Hill masuk dalam daftar nama untuk menggantikan CEO Mark Parker yang mengundurkan diri. Namun, saat itu Donahoe yang terpilih menjabat posisi tersebut dan Hill meninggalkan perusahaan tak lama kemudian.

Saat ini, Hill kembali ke Nike sebagai CEO dan anggota dewan yang mendapat sambutan positif dari karyawan dan pemegang saham perusahaan.

Ketua Nike Mark Parker menyambut kembalinya Elliott Hill ke Nike. Dia menyebut, sosok Hill dibutuhkan untuk pertumbuhan kinerja perusahaan di masa depan.

"Saya gembira menyambut Elliott kembali ke Nike. Dewan menyimpulkan bahwa jelas keahlian global Elliott, gaya kepemimpinan, dan pemahaman mendalam tentang industri dan mitra kami menjadikannya orang yang tepat untuk memimpin tahap pertumbuhan Nike berikutnya," ucap Parker.

Elliott Hill juga mengaku senang dengan kembalinya ke perusahaan sebagai CEO. Dia mengaku siap membawa perusahaan ke masa depan yang lebih cerah. 

"Selama 32 tahun, saya memiliki hak istimewa untuk bekerja dengan yang terbaik di industri ini, membantu membentuk perusahaan kami menjadi tempat ajaib seperti sekarang ini," ucap Hill. 

(*)

Topik Menarik