5 Stasiun Kereta Paling Angker di Indonesia: No 3 Ada di Semarang, Sering Muncul Penampakan

5 Stasiun Kereta Paling Angker di Indonesia: No 3 Ada di Semarang, Sering Muncul Penampakan

Gaya Hidup | semarang.inews.id | Kamis, 12 September 2024 - 13:00
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id - 5 Stasiun Kereta Api Terangker di Indonesia ini dikenal menyeramkan karena diliputi mitos dan peristiwa tragis yang menelan korban di baliknya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu tempat yang sering dianggap angker dan penuh aura mistis adalah stasiun kereta api. Kecelakaan di stasiun kereta api sering terjadi.

Misalnya, tabrakan antara kereta, orang yang tertabrak kereta, dan berbagai peristiwa tragis lainnya sering kali membuat stasiun mendapatkan julukan sebagai tempat angker.

5 Stasiun Kereta Api Paling Angker di Indonesia

1. Stasiun Kaliwedi, Cirebon

Kendati cuma stasiun kecil, tapi stasiun ini horornya sudah terkenal seantero Cirebon. Di stasiun ini pernah terjadi kecelakaan hebat. Menurut warga, bahkan pernah ada iring-iringan jenazah yang ditrabrak kereta api.

Tak ada yang berani dekat-dekat dengan stasiun ini, apalagi Stasiun Kaliwedi sudah tidak beroperasi lagi. Untungnya, Stasiun Kaliwedi letaknya jauh dari pemukiman warga dan berada di dekat sungai atau kali. Namun lokasi itu konon bikin makhluk halus lebih bebas berkeliaran.

Bahkan ada yang menyebut, orang yang melintasi rel kereta api di sana tak pernah dengar ada suara peringatan dari menara stasiun. Jadi harus ekstra waspada jika hendak melewati perlintasan ini

2. Stasiun Manggarai, Jakarta

Stasiun ini sudah lama terkenal keangkerannya. Bahkan sampai ada film berjudul 'Kereta Hantu Manggarai'. Ya, staisun yang masuk wilayah Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ini telah beroperasi sejak tahun 1918, merupakan tempat penyimpanan terakhir gerbong-gerbong tua yang sudah tak layak jalan dan bekas kecelakaan.
Salah satunya, kereta tragedi Bintaro yang merupakan kecelakaan kereta api terparah di Indonesia dan menewaskan ratusan orang.

Para warga juga sering menemukan keanehan di sana. Mulai dari munculnya makhluk tak kasat mata hingga suara-suara tanpa rupa. Yang paling aneh adalah muncul anak-anak sedang bermain saat tengah malam di Stasiun Manggarai. Ada pula yang pernah bercerita kereta di sana pernah berjalan sendiri tanpa masinis yang mengemudikannya!

3. Stasiun Poncol, Semarang

Kisah dari stasiun ini sempat menghebohkan karena beberapa tahun lalu, sebuah lokomotif yang sedang dalam perbaikan melaju dengan sendirinya.

Kejadian yang disaksikan langsung oleh beberapa petugas stasiun pun makin misterius karena sudah dipasang bantalan di rel kereta sebagai antisipasi agar kereta api tidak melaju.

4. Stasiun Kota Lama, Malang

Peristiwa kecelaaan lagi-lagi menjadi penyebab stasiun ini dianggap angker. Pada tahun 1981, pernah terjadi kecelakaan kereta api di mana kereta yang berangkat dari Stasiun Kota Lama menghantam sebuah bus hingga menewaskan 50 orang penumpangnya.

Bahkan, ketika proses evakuasi korban, ditemukan satu mayat berada dalam WC umum, sehingga WC umum tersebut kini diyakini sebagai sarangnya makhlus halus.

Di stasiun ini pula, sering terdengar cerita kereta api berjalan sendiri tanpa masinis hingga merusak rumah warga di sekitar stasiun.

5. Stasiun Ketanggungan Barat, Brebes

Banyak yang menyebut stasiun ini menjadi angker setelah peristiwa benturan antara Kereta Api Gaya Baru dan Kereta Api Empu Jaya yang terjadi tahun 2002 silam yang menewaskan 45 orang.

Menurut warga lokal di sana, kerap muncul penampakan-penampakan seram hingga suara lirih minta tolong. Ada satu kisah mistis yang terjadi sehari sebelum kecelakaan.

Kabarnya, sosok wanita yang menampakkan diri di lalu lalang perlintasan rel kereta api. Hingga akhirnya banyak yang mengaitkannya dengan peristiwa kecelakaan itu.

Topik Menarik