Dinda Kirana Ungkap Kondisi Ayah Usai Alami Stroke

Dinda Kirana Ungkap Kondisi Ayah Usai Alami Stroke

Seleb | okezone | Senin, 26 Agustus 2024 - 08:01
share

JAKARTA - Dinda Kirana mengungkap kondisi terkini sang ayah yang sempat mengalami stroke. Dinda menjelaskan bahwa saat ini sang ayah sedang menjalani pemulihan dimana sedang dalam golden periode nya atau waktu awal pemulihan fungsional gerak nya. Masa ini biasanya berlangsung 3-6 bulan setelah terjadinya serangan. 

Dinda mengaku sang ayah mengalami gangguan memori sehingga dirinya membantu untuk mengajarkannya kembali beraktivitas secara perlahan seperti sedia kala.

"Papa aku kan pecah pembuluh darah otak kiri jadi yang stroke itu sebelah kanan jadi harus di remind lagi karena lost memory. Dia tuh kayak harus diajarkan lagi seperti bayi, ok, pelan pelan ya pegang telunjuk, jari tengah, jari manis, jari kelingking. Jadi harus slowly," ujar Dinda Kirana di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Dinda Kirana Ungkap Kondisi Ayah Usai Alami Stroke

"Nah sekarang tuh papa lagi golden period nya harus dikejar selama 3 bulan itu penderita stroke itu harus dikejar kayak motoriknya harus dikejar lagi," sambungnya.

Sebagai seorang anak, Dinda berusaha semaksimal mungkin untuk mendampingi sang ayah menjalani terapi demi kesembuhannya. Dinda bahkan telah mengatur jadwal terapi untuk sang ayah.

"Jadi aku rutin kayak 'pah, Minggu ini terapi seminggu beberapa kali', aku sudah jadwalkan di sini di sini di sini. Jadi papa tuh kalau bukan anaknya, mau siapa lagi?," ungkapnya.

Dinda menjelaskan bahwa sang ayah menjalankan fisioterapi secara rutin, dua kali dalam seminggu untuk gerak motorik. Ayah Dinda juga rutin terapi wicara agar bisa berbicara lebih jelas. 

"Ada fisioterapi. Fisio itu kayak untuk motoriknya, karena orang stroke itu tidak bisa merasa, dia kebas, diaktifkan lagi, coba belajar berjalan lagi, terus ada terapi untuk bicaranya supaya nggak nyeret," jelasnya.

 


Dinda bersyukur saat ini segala terapi yang dilakukan membuahkan hasil. Sang ayah mulai mengalami kemajuan dalam berbicara dan berjalan meski terkadang setiap berjalan masih harus dibantu. 

"Alhamdulillah sekarang sudah ada perkembangan, ngomongnya sudah lebih jelas, sekarang sudah di tahap belajar untuk jalan lagi meskipun masih harus dibantu," tandasnya.

Topik Menarik