Artis Senior Puput Novel Meninggal Dunia, Mengidap Kanker Payudara Sejak Tahun 2021

Artis Senior Puput Novel Meninggal Dunia, Mengidap Kanker Payudara Sejak Tahun 2021

Gaya Hidup | probolinggo.inews.id | Senin, 9 September 2024 - 10:40
share

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Artis senior Puput Novel meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta, pada Minggu (8/9/2024), pukul 18.24 WIB. Keluarga menyebutkan bahwa Puput Novel meninggal dunia akibat kanker payudara yang telah dideritanya sejak 2021.

Adik kandung Puput Novel, Baginda Jaya, menjelaskan bahwa kakaknya telah menjalani berbagai pengobatan dan perawatan di rumah sakit, serta sempat mengalami perbaikan pada tahun 2022-2023. Selama periode tersebut, Puput aktif, termasuk di bidang politik.

"Sudah sejak 2021. Kakak saya didiagnosis dengan kanker payudara, dan tidak lama setelah itu langsung melakukan tindakan medis," kata Baginda saat diwawancarai di rumah duka di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, pada Minggu malam.

"Pada 2022-2023, kondisinya sempat membaik. Bahkan, beliau sempat terlibat dalam pemilu karena juga merupakan seorang politisi," tambahnya.

Namun, pada Agustus 2024, kondisi kesehatan Puput Novel menurun secara drastis. Baginda menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan oleh berbagai komplikasi, termasuk pada paru-paru dan jantung.

 

"Kami berharap kondisinya membaik. Namun, pada Agustus 2024, kondisi kakak saya tiba-tiba menurun drastis karena komplikasi. Keadaan memburuk dengan cepat," ujar Baginda.

"Beliau mengalami komplikasi di paru-paru, hati, dan jantung, terutama pada paru-paru. Karena kesulitan bernapas, kerja jantungnya menjadi lebih berat," jelasnya.

Baginda mengatakan bahwa selama 4 hari dirawat di Rumah Sakit MMC Kuningan, Jakarta, kakaknya mengalami masa-masa kritis hingga akhirnya meninggal dunia akibat gagal jantung.

"Saya melihat angka-angka di monitor ICU, tekanan jantungnya sangat tinggi. Bisa dikatakan bahwa beliau mengalami gagal jantung. Saturasinya terus menurun," katanya.

Sebagai informasi, berita meninggalnya Puput Novel pertama kali diumumkan oleh manajemen Ruli Siahaan. "Telah meninggal dunia artis cantik dan baik hati, Mbak Puput Novel, dalam usia 50 tahun," kata Ruli.

Bagi generasi era 80-an, sosok Puput Novel tentu tidak asing. Dia merupakan artis cilik yang populer pada era 1980-an. 

Pada masanya, wajah Puput Novel sering muncul di layar kaca dalam berbagai program televisi. Selain itu, selama kariernya, Puput juga merilis beberapa single yang cukup hits, seperti "Kojak," "Puput Bayi Ajaib," dan "Masa Liburan."

Topik Menarik