Tepat di Momen 24 Tahun, Biznet Terus Lanjutkan Inovasi Bangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Tepat di Momen 24 Tahun, Biznet Terus Lanjutkan Inovasi Bangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Ekonomi | palembang.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 18:50
share

JAKARTA, iNewspalembang.id – Biznet tetap melanjutkan inovasi dalam membangun infrastruktur digital untuk masa depan yang lebih baik, terlebih sudah menginjak usia yang makin dewasa atau 24 tahun.

Nah, Biznet yang merayakan hari jadi ke 24 tersebut pada 1 Oktober 2024, dengan perjalanan lebih dari dua dekade di industri teknologi dan telekomunikasi, Biznet menghadirkan infrastruktur digital terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia, di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. 

Sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, Biznet berhasil mengoperasikan kabel bawah laut pertama dengan nama Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1), yang menghubungkan jaringan Pulau Jawa dan Sumatera serta Bangka, membawa pilihan layanan Internet baru yang lebih berkualitas bagi masyarakat.

President Director Biznet, Adi Kusma menyampaikan, pihaknya mengawali perjalanan di tahun 2000 dengan mimpi untuk dapat mengurangi kesenjangan digital di Indonesia. Apalagi, sekarang telah sampai di era dimana semuanya harus serba online untuk menjadi lebih efisien. 

Jadi, sambung dia, di usia yang cukup matang atau 24 tahun ini, pihaknya terus berupaya bagaimana beragam inovasi dengan memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapat akses Internet yang sama untuk dapat mengembangkan diri hingga ke masa depan. 

"Salah satu yang kami hadirkan adalah kabel bawah laut kami yaitu BNCS-1 yang membawa harapan untuk membuat lebih banyak masyarakat Indonesia dapat terkoneksi dan memanfaatkan Internet untuk hal yang positif," ujar dia.

Adi mengatakan, BNCS-1 sendiri telah diluncurkan secara resmi oleh Biznet pada Juni 2024, sebagai salah satu upaya mewujudkan visi perusahaan untuk dapat mengurangi kesenjangan digital dengan pemerataan akses koneksi Internet yang mampu mendukung transformasi digital.

Peluncuran ini menandakan telah terhubungnya jaringan Biznet Fiber antar Pulau Jawa, Sumatra dan Bangka. Pembangunan infrastruktur kabel fiber optic bawah laut pertama milik Biznet ini tentunya dapat menyamaratakan kualitas internet di Pulau Sumatra dengan di Pulau Jawa, dimana Biznet sudah bisa menghadirkan bandwidth yang lebih besar hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home, Internet untuk perumahan dan apartemen, dan hingga 900 Mbps untuk layanan Biznet Metronet, layanan untuk segmen UKM.

"Ini memberi kesempatan masyarakat di wilayah Sumatera untuk merasakan internet yang lebih cepat dan andal dari Biznet. Tidak sampai di situ, upaya melakukan pemerataan akses Internet di seluruh Indonesia akan terus dilakukan, dan Biznet juga segera melanjutkan pembangunan jaringan kabel fiber optik bawah laut kembali melalui Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2)," kata dia.

Pembangunan jaringan kabel bawah laut atau Biznet Submarine Cable Network ini, ungkap Adi, juga dibarengi dengan proses perluasan jaringan Biznet ke lebih banyak area di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi solusi dalam menghubungkan jaringan Biznet Fiber antar pulau dan dunia. 

Perluasan jaringan memang selalu menjadi fokus utama Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia. Hingga menginjak usia ke 24 tahun, Biznet telah berhasil menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100,000 KM dengan lebih dari 3,000,000 homepass yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores dan Timor.

“Selain pembangunan kabel bawah laut, kami juga fokus melebarkan lagi jaringan ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Karena tidak dapat dipungkiri, internet dan infrastruktur digital yang handal yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk mampu bersaing dan bertahan di era digital saat ini,” ungkap dia.

Adi menjelaskan, data survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2024, menyebut sekitar 59,35 tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap penyedia layanan internet tetap atau fixed broadband Internet adalah pada aspek kecepatan dan kestabilan, dan 30,57 pada aspek harga dan promo yang diberikan provider atau penyedia layanan. 

"Dengan coverage area di lebih dari 180 kota, Biznet memahami kebutuhan dan daya beli masyarakat Indonesia, khususnya di second dan third cities, yaitu dengan menghadirkan layanan yang lebih terjangkau bagi masyarakat dengan penurunan harga layanan untuk segmen retail sebesar 30 persen di beberapa kota/kabupaten di Indonesia," jelas dia.

Kemudian, terang Adi, Biznet melalui layanan untuk segmen bisnis UKM/startup yaitu Biznet Metronet, menghadirkan layanan terbaru dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar namun dengan harga yang tetap sama. 

Sebagai satu bentuk apresiasi Biznet untuk pelanggan setianya, sambung dia, Biznet memberi promo spesial khusus di momen hari jadi Biznet yaitu bonus upgrade bandwidth 150 Mbps untuk seluruh pelanggan Biznet Home. 

"Kami juga ingin mengapresiasi seluruh pelanggan, yang salah satunya memberi promo spesial yaitu menambah kapasitas bandwidth 150 Mbps secara gratis untuk layanan Biznet Home. Kami berharap promo ini bisa memberi manfaat bagi seluruh pelanggan kami," tandas dia.

Topik Menarik