Aplikasi Makkah Bus Hadirkan Solusi Mudah Keliling Kota Suci

Aplikasi Makkah Bus Hadirkan Solusi Mudah Keliling Kota Suci

Otomotif | sindonews | Jum'at, 20 September 2024 - 12:35
share

Kabar gembira bagi jemaah haji dan umrah. Keliling kota suci Mekkah kini tak perlu ribet dan merogoh kocek besar lantaran telah tersedia layanan bus bertarif murah yang beroperasi 24 jam dalam sepekan.

Layanan Makkah Bus mencakup 12 rute, membentang lebih dari 560 kilometer dan melayani 438 halte di seluruh kota. Modern Bus Company Limited MBCO selaku operator bus menyediakan 400 armada, dibagi menjadi 240 bus reguler dengan kapasitas 85 penumpang, dan 160 bus berartikulasi dengan kapasitas 125 orang. Dengan banyaknya jumlah armada, otomatis waktu tunggu di halte berkisar antara lima hingga tujuh menit saja.

Melansir dari Gulfnews, Jumat (20/9/2024) layanan transportasi massal ini juga semakin mudah diakses dengan kehadiran aplikasi mobile Makkah Bus yang memungkinkan pengguna menemukan rute, jadwal, hingga pembelian tiket secara instan.

Penumpang dapat membeli tiket melalui tiga metode. Metode pertama melalui aplikasi seluler atau situs web dengan membuat akun, menambahkan kartu pembayaran, mengisi ulang akun, memilih tujuan, memilih jenis tiket, dan akhirnya membeli tiket.

Baca Juga: Deretan Ulama Indonesia yang Dimakamkan di Jannatul Ma'la Mekkah

Metode kedua melalui mesin penjual tiket di mana penumpang memilih tujuan, memilih jenis tiket, memasukkan harga tiket atau nomor kartu pembayaran, dan kemudian membeli tiket. Metode ketiga adalah melalui titik penjualan tiket di mana penumpang pergi ke agen penjualan, menentukan tujuan, dan membayar tiket baik dengan tunai atau menggunakan kartu pembayaran.

Soal keamanan dan kenyamanan, penumpang tak perlu khawatir lantaran bus-bus ini dilengkapi sistem pemadam kebakaran, perlindungan lingkungan dan pengurangan emisi karbon, serta sistem keamanan dengan kamera pengawas di dalam dan di luar bus.

Baca Juga: Ini Alasan Mekkah Jadi Tanah Suci Hingga Hari Kiamat

Bus-bus ini juga telah dilengkapi sistem penghindaran tabrakan, layar elektronik yang menunjukkan tujuan, dan sistem hidrolik untuk memudahkan naiknya orang-orang dengan disabilitas. Ada juga ruang khusus untuk stroller dan kursi roda, layanan Wi-Fi di setiap bus, dan sistem audio-visual untuk informasi perjalanan di dalam bus.

Selain itu, sistem penjadwalan bus dikelola secara efektif untuk memenuhi kebutuhan transportasi selama hari-hari biasa, waktu puncak, dan musim haji, dengan 24 jam operasi harian.

Topik Menarik