4 Tips Berkendara Mobil Listrik agar Aman di Jalan, Ini Harus Diperhatikan saat Hujan

4 Tips Berkendara Mobil Listrik agar Aman di Jalan, Ini Harus Diperhatikan saat Hujan

Otomotif | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:15
share

JAKARTA, iNews.id - Mobil listrik perlahan mulai menjadi pilihan transportasi masyarakat di perkotaan. Namun, sebagai kendaraan baru banyak hal yang harus diperhatikan pengguna kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

Apalagi Indonesia memiliki dua musim yaitu panas dan hujan sehingga penting bagi pengendara EV memperhatikan cara berkendara yang aman. Apa saja itu?

Dilansir dalam keterangan tertulis Neta, berikut empat tips yang perlu dilakukan pengendara mobil listrik agar aman di perjalanan

1. Pastikan Baterai Terisi Penuh

Saat melakukan perjalanan, pengendara akan dihadapkan berbagai kondisi jalan dan cuaca. Bisa jadi akan dihadapkan pada situasi hujan atau terjadi kemacetan panjang.

Sebab itu, pastikan untuk memeriksa baterai sebelum berangkat. Lebih baik untuk mengisi daya penuh atau minimal 80 persen untuk menghindari kehabisan daya, saat cuaca atau kondisi jalanan tidak sesuai yang diinginkan.

2. Periksa Kondisi Ban

Pastikan kondisi ban optimal. Periksa tekanan udara dalam ban secara rutin, dan pastikan juga ban memiliki daya cengkeram yang baik. Saat musim hujan, pastikan permukaan ban masih ideal untuk mencegah tergelincir di jalan penuh genangan air.

3. Gunakan Mode Berkendara Sesuai

Saat cuaca buruk, seperti hujan atau kabut tebal, disarankan untuk menggunakan mode berkendara yang sesuai, seperti mode Eco atau Comfort. Mode ini akan mengurangi kecepatan akselerasi dan meningkatkan stabilitas kendaraan, sehingga pengemudi dapat berkendara lebih tenang dan aman.

4. Cuaca Hujan

Cuaca yang tidak menentu seperti hujan deras dapat memengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pastikan mobil listrik yang Anda kendarai dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memaksimalkan keselamatan di jalan. Fitur-fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi berkendara lebih aman di berbagai kondisi jalan dan cuaca.

Pastikan fitur-fitur pada kendaraan tidak bermasalah. Jangan sampai Anda mengalami masalah di jalan karena fitur tidak berfungsi, seperti lampu, wifer dan lainnya.

Topik Menarik