4 Faktor yang Bikin Timnas Indonesia Bisa Menang Lawan Bahrain, Tim Garuda Harus Yakin!

4 Faktor yang Bikin Timnas Indonesia Bisa Menang Lawan Bahrain, Tim Garuda Harus Yakin!

Olahraga | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 18:23
share

JAKARTA, iNews.id – Setidaknya ada 4 faktor yang bikin Timnas Indonesia bisa menang melawan Bahrain. Yang penting, Tim Garuda harus yakin bisa melakukannya. 

Pasukan Shin Tae-yong sudah siap meladeni tuan rumah Bahrain pada matchday ketiga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga tersebut bakal digelar di Bahrain National Stadium, Riffa, Kamis (10/10/2024) pukul 23.00 WIB.

Secara ranking, Tim Garuda yang berada di peringkat 129 dunia, memang jauh di bawah Timnas Bahrain (76). Namun, ranking itu bisa tak berpengaruh jika mempertimbangkan kedalaman skuad yang dimiliki Timnas Indonesia. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, Timnas Indonesia bisa menang atas Bahrain besok. Dia menuturkan, setidaknya Tim Garuda punya empat alasan untuk bisa menang melawan tuan rumah berjuluk The Reds itu. 


4 Faktor yang Bikin Timnas Indonesia Bisa Menang Lawan Bahrain

1. Skuad yang Lebih Muda

Menurut Arya Sinulingga, Timnas Indonesia dihuni pemain-pemain muda yang punya semangat juang tinggi. Dia meyakini para pemain akan berusaha menampilkan performa terbaik agar timnya dapat meraih kemenangan.

“Kalau melihat, saya tadi melihat data-data, ternyata misalnya usia pemain Timnas Indonesia adalah 23-24 tahun. Lebih muda daripada Bahrain yang rata-rata 27 tahun,” ucap Arya di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Dalam data Transfermarkt, Timnas Indonesia memang memiliki pemain dengan rata-rata usia 25 tahun. Sementara itu, Bahrain 29,2 tahun.


2. Harga Pasar yang Jauh Lebih Tinggi

Selain usia, Arya juga menjelaskan, para pemain Timnas Indonesia juga memiliki harga pasar yang jauh lebih tinggi di atas Bahrain. Namun, dia minta tim asuhan Shin Tae-yong jangan memandang remeh tim tuan rumah.

"Kemudian dari harga pasaran pemain itu dengan kualitas, kita hampir 4 kali lipat, mereka 150-an, kita 400 sekian miliar. Jadi, dari statistik itu  cukup besar peluang kita, tapi kita gak boleh jemawa.

Menurut Transfermarkt, harga pasar pemain Timnas Indonesia mencapai Rp426,28 miliar, jauh di atas Bahrain yang hanya Rp158,17 miliar. 


3. Postur Pemain yang Lebih Tinggi

Keuntungan lain yang dimiliki Timnas Indonesia pada laga nanti adalah postur pemain yang rata-rata lebih tinggi ketimbang tuan rumah. 

“Tinggi (pemain) kita rata-rata 180-an cm Itu lebih tinggi daripada Bahrain (179 cm),” ucap Arya. 


4. Tim Garuda Punya Skuad Internasional

Terakhir, yang membuat Timnas Indonesia bisa menang atas Bahrain karena Tim Garuda memiliki skuad Internasional. Tercatat, dari 27 pemain yang dibawa Pelatih Shin Tae-yong, ada 16 pemain yang bermain di luar negeri seperti Liga Belanda, Inggris, Belgia hingga Amerika Serikat. 

Sementara Timnas Bahrain, dari 27 pemain yang dibawa Pelatih Dragan Talajic, hanya tiga pemain saja yang berkarier di luar negeri, itu pun bukan di Eropa melainkan di Liga Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Malaysia. 


Meski begitu, Timnas Indonesia tak boleh memandang sebelah mata Bahrain. Pasalnya, selain main di kandang, The Reds juga mencari pelampiasan usai dibantai 0-5 Jepang, bulan lalu. 

"Mereka sudah menang lawan Australia. Pasti akan ngotot tidak mau kehilangan poin lagi di kandang seperti ketika lawan Jepang," kata Arya.

Topik Menarik