Usut Kericuhan Bobotoh Pukuli Steward, PT LIB Panggil Manajemen dan Panpel Persib

Usut Kericuhan Bobotoh Pukuli Steward, PT LIB Panggil Manajemen dan Panpel Persib

Olahraga | inews | Rabu, 25 September 2024 - 08:26
share

BANDUNG, iNews.id – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan memanggil manajemen serta panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung. Panggilan ini merupakan buntut dari kericuhan selepas laga Persib versus Persija Jakarta.

Ya, duel klasik yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Senin (23/9/2024) itu berbuntut pada kericuhan. Sebagian suporter turun ke lapangan selepas pertandingan dan mengeroyok steward.

Meski demikian, kericuhan ini bukan merupakan imbas dari hasil pertandingan. Diketahui, Persib sukses menundukkan Persija 2-0. Namun, insiden ini diduga merupakan konflik internal antara manajemen dan suporter Persib.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir murka dengan insiden tersebut. Mantan presiden Inter Milan tersebut meminta PT LIB bertanggung jawab dan mengevaluasi keamanan pelaksanaan pertandingan.

Untuk itulah, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus mengatakan pihaknya segera memanggil manajemen dan panpel pertandingan Persib versus Persija. Ferry menjelaskan, pihaknya akan mengumpulkan bukti-bukti terkait kejadian itu.

“Benar. Kami akan bertemu dengan manajemen dan panpel Persib Bandung. Kami akan meminta informasi semuanya secara menyeluruh sekaligus membahas bukti atau fakta-fakta pendukungnya,” kata Ferry dikutip dari rilis resmi PT LIB, Rabu (25/9/2024).

“Setelah mendapatkan informasi dan fakta yang detail dan menyeluruh, kami akan menyerahkannya ke PSSI untuk ditandaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ferry juga akan meminta keterangan dari Venue Delegate yang merupakan perwakilan dari PT LIB untuk mengawal pertandingan. Keterangan dari Venue Delegate akan menjadi informasi penting untuk mengungkap penyebab insiden kericuhan ini.

“Ada perwakilan dari kami yang disebut Venue Delegate. Perwakilan ini kami tugaskan pada H-2 (sebelum pertandingan). Fungsinya untuk memastikan pelaksanaan pertandingan sesuai dengan ketentuan. Kaitannya dengan insiden yang terjadi di laga Persib kontra Persija, kami juga akan meminta informasi detail dari Venue Delegate yang bertugas. Kami juga akan meminta tambahan informasi berikutnya dari Match Commissioner,” tandasnya.

Topik Menarik