Anthony Joshua menjadi Avatar yang Malang di Era Kelas Beratnya

Anthony Joshua menjadi Avatar yang Malang di Era Kelas Beratnya

Olahraga | sindonews | Rabu, 25 September 2024 - 08:25
share

Anthony Joshua menjadi avatar yang malang di era kelas beratnya setelah kekalahan KO di ronde 5 dari Daniel Dubois. Kekalahan itu yang keempat bagi Anthony Joshua dalam kariernya.

Pikirannya tampak jernih. Bahkan setelah terjatuh pada ronde pertama, ketiga, dan keempat dan menerima pukulan keras dari seorang petinju sejati dalam diri Daniel Dubois, Anthony Joshua - tersenyum, mengangguk, dan memberi isyarat - terlihat masih memiliki akal sehatnya. Namun dia tidak memiliki kekuatan keseimbangan kaki di bawahnya.Kepalanya merespons bisa bertahan. Tapi tubuhnya tidak mau bekerja sama.

Tubuhnya yang tinggi besar membuatnya menjadi favorit taruhan atas setiap lawan yang pernah ia hadapi, setidaknya saat pertama kali ia bertarung dengan mereka. (Satu-satunya saat ia menjadi underdog adalah dalam pertandingan ulang melawan Oleksandr Usyk). Sekali melihat Joshua, kita dapat menyimpulkan bahwa dialah orang yang akan membawa tinju ke dalam dan melalui tahun 2020-an.

Baca Juga: Penyebab Mike Tyson Nekat Duel Lawan Jake Paul di Usia 58 Tahun

Berdiri setinggi 198 cm dengan berat badan sekitar 108-113 kg Joshua adalah prototipe laboratorium Lennox Lewis yang menjadi nyata. Dan ia memiliki semua perangkat fisik untuk pekerjaan ini: jab yang panjang dan keras; kekuatan KO di kedua tinjunya; atletis dan refleks yang impresif untuk pria seukurannya.

Namun, hal yang paling mengganggu adalah bagian leher ke atas yang membuatnya gagal. Kepercayaan dirinya tidak pernah sama lagi setelah mengalami kekalahan KO saat melawan Wladimir Klitschko (meskipun ia bangkit untuk menang malam itu). Dia tidak yakin dari satu pertarungan ke pertarungan lainnya apakah dia ingin menjadi seorang petinju atau perusak.

Ia berganti pelatih berulang kali dan terlalu banyak bertengkar di dapur mentalnya. Ia terlalu tegang di dalam ring, dan sebagai hasilnya, ia akan kehabisan tenaga di awal pertarungan, nafasnya menjadi tersengal-sengal dan kakinya terasa berat.

Tentu saja, itu semua saling berkaitan - ketegangan menjadi kelelahan, ketegangan mental menjadi ketegangan fisik dan sebaliknya. Bagian mana pun dari persamaan itu yang mengecewakan AJ pada saat tertentu, faktanya tetap saja, terlalu sering, dia kurang dari jumlah bagian-bagiannya.

Tampaknya, setelah kekalahan yang paling menyedihkan dalam karirnya melawan Dubois - empat knockdown, sebuah KO murni, yang terjadi dalam waktu satu menit di ronde kelima - buku tentang Joshua telah ditulis. Ia akan dikenal sebagai petinju kelas berat yang baik, mungkin sangat baik, namun bukan petinju kelas berat terbaik sepanjang masa, yang menawarkan janji tak terbatas namun terbukti tidak dapat diprediksi dan tidak konsisten, serta pada akhirnya sedikit mengecewakan. Dan hal itu membuatnya menjadi avatar dari seluruh era tinju kelas berat.

Kita dapat mendefinisikan era ini mulai dari 28 November 2015 - hari di mana Tyson Fury mengakhiri kekuasaan Klitschko yang telah berlangsung hampir satu dekade - hingga, mungkin, 21 Desember mendatang, saat Usyk dan Fury dijadwalkan untuk bertarung ulang. Masih banyak lagi yang akan terjadi, namun hal ini akan menjadi penutup.

Ini merupakan era kelas berat yang bagus. Tentu saja, era ini telah mengungguli era Klitschko bersaudara yang mendahuluinya: dua orang Hall of Famers yang sebagian besar tidak memiliki kompetisi dan hanya menghasilkan sedikit antusiasme di luar Eropa. Era Fury, Usyk, Joshua, Deontay Wilder, dkk, dapat disebut sebagai era yang sangat bagus. Namun, hanya sejauh itulah yang dapat Anda lakukan. Ini bukan era yang hebat sepanjang masa. Ini bukan tahun 90-an, dan tentu saja bukan tahun 70-an.

Sebagai penggemar, kami mendapatkan banyak sensasi dari itu, tidak diragukan lagi. Pertarungan Fury-Wilder yang ketiga adalah salah satu perebutan gelar yang paling luar biasa dalam sejarah kelas berat. Joshua-Klitschko tak terlupakan. Usyk-Fury tidak jauh di belakang.

Hasil imbang Fury-Wilder menampilkan hasil akhir yang klasik, pertarungan Wilder-Luis Ortiz sangat menyenangkan, kekecewaan Andy Ruiz terhadap Joshua sangat menarik, dan terdapat berbagai macam pertandingan di tingkat yang lebih rendah, mulai dari Alexander Povetkin-Dillian Whyte yang sedang naik daun hingga perang Derek Chisora-Joe Joyce.

Ini merupakan perjalanan yang luar biasa. Para petinju kelas berat telah mendapatkan kembali keajaiban yang hilang saat salah satu dari Klitschko atau petinju lainnya mendominasi. Namun seperti halnya karier AJ, dalam divisi kelas berat selama bertahun-tahun ini, hal-hal jarang berjalan sesuai rencana. Dan seperti halnya karier AJ, hal itu bisa saja jauh lebih baik.

Terutama dalam hal "bisa saja", kita tidak pernah melihat Fury vs Joshua atau Joshua vs Wilder. Mungkin salah satu atau keduanya masih akan terjadi, namun keduanya tidak akan berarti lagi. Pertarungan tersebut, yang dulunya demi warisan dan supremasi, sekarang akan menjadi demi uang dan kebanggaan pribadi. Dan diragukan bahwa keduanya akan terjadi.

Salah satu dari mereka, pada waktu yang tepat, dapat menjadi pertandingan kelas berat yang paling masif sejak Lewis vs Mike Tyson. Namun waktu yang tepat datang dan pergi. Namun, lebih dari kekecewaan itu, ketidakpastian paralel dari AJ dan perubahan hirarki divisi yang benar-benar menonjol.

Baca Juga: Kebangkitan Daniel Dubois: Cedera Soket Mata, Pesan Usyk, KO Joshua

Setiap kali Joshua membuat dunia tinju percaya, setiap kali ia terlihat memiliki semuanya, semuanya menjadi tidak berarti. Dia adalah raja kelas berat pada tahun 2019 ketika dia menghadapi Ruiz yang terlambat dan diunggulkan 11 banding 1, menjatuhkan Ruiz sesuai dengan naskah pada ronde ketiga, lalu tiba-tiba tersandung dan runtuh. Dia membalas kekalahan tersebut (dengan cara yang tidak menarik) dan sekitar dua tahun kemudian menjadi favorit tiga banding satu untuk mengalahkan Usyk yang tampaknya tidak terlalu kuat, namun kita tahu bagaimana hasil pertandingan itu - dan pertandingan ulangnya -. Sekali lagi Joshua bangkit kembali.

Dia menang empat kali berturut-turut, dengan setiap kemenangan yang lebih baik dari sebelumnya. Dia lebih dari sekadar favorit empat banding satu atas Dubois. Namun sang underdog melangkah maju tanpa rasa takut dan, di pertengahan ronde pertama, semua uang mengalir ke satu arah.

Selama sembilan tahun terakhir ini, divisi ini secara keseluruhan telah menggemakan perasaan "ketika Anda berpikir Anda memiliki jawabannya, saya mengubah pertanyaannya." Fury mencapai puncak pada akhir tahun 2015 dan menghilang selama 30 bulan berikutnya.

Dia kemudian mengangkat dirinya ke titik di mana dia menjadi subjek pembicaraan besar kelas berat sepanjang masa, dan melanjutkan dengan mengalahkan petarung MMA yang melakukan debut tinju profesionalnya dan dihajar oleh mantan juara kelas penjelajah. Ruiz memiliki satu momen yang hebat dan membuat dirinya keluar dari pertarungan. Kisah Wilder adalah salah satu kisah pendakian yang tak terduga, mengingat awal yang terlambat dan teknik yang menyedihkan, dan penurunan yang cepat.

Tidak ada yang dapat memprediksi kebangkitan Joseph Parker selama tahun lalu, atau Joyce yang menghentikan Dubois namun dihentikan dua kali oleh Zhang Zhilei. Bahkan peran Wladimir Klitschko menuju era baru menentang konvensi; kekalahannya dari Joshua begitu menggetarkan sehingga membuat penggemar tinju mengasihani penggemar non-tinju, dan kekalahannya dari Fury begitu mengerikan sehingga membuat penggemar tinju mengasihani diri mereka sendiri.

Topik Menarik