Pelatih Sulteng Ngamuk Dicurangi Wasit saat Lawan Aceh pada PON 2024:  Kalian Akan Dicabut Lisensinya!

Pelatih Sulteng Ngamuk Dicurangi Wasit saat Lawan Aceh pada PON 2024:  Kalian Akan Dicabut Lisensinya!

Olahraga | inews | Minggu, 15 September 2024 - 12:52
share

BANDA ACEH, iNews.id Pelatih tim sepak bola Sulawesi Tengah (Sulteng), Zulkifli Syukur, mengamuk di ruang ganti usai merasa timnya dicurangi wasit saat melawan Aceh pada
semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Zulkifli mengklaim lisensi wasit kontroversial Eko Agus Sugiharto beserta jajarannya yang bertugas dalam laga tersebut akan dicabut.

Insiden memalukan bagi sepak bola Indonesia itu terjadi di Stadion Haji Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam.

Wasit Eko Agus Sugiharto (kiri) mengeluarkan banyak keputusan kontroversial saat memimpin laga perempat final PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah (Sulteng) di Stadion Haji Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam. (Foto: i
Wasit Eko Agus Sugiharto (kiri) mengeluarkan banyak keputusan kontroversial saat memimpin laga perempat final PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah (Sulteng) di Stadion Haji Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam. (Foto: i

Dalam pertandingan yang memperebutkan tiket semifinal PON 2024 itu diwarnai berbagai kontroversi wasit. Puncaknya, sang pengadil ditinju bek Sulteng Muhammad Rizki Saputra usai memberi penalti kontroversial pada injury time babak kedua.

Para pemain Sulteng marah atas keputusan wasit karena tak merasa menjatuhkan winger Aceh Muhammad Nur Mahyuddin di kotak terlarang. Dari tayangan ulang juga jelas terlihat pemain Sulteng melakukan tekel bersih ke arah bola tanpa menyentuh Mahyuddin.

Sebelum insiden pemukulan terjadi, dua kartu merah juga melayang kepada pemain Sulteng Wahyu Alman Poru dan Moh Akbar.

Pukulan tersebut langsung membuat sang wasit ambruk dan sempat tak sadarkan diri. Beruntung, nyawa sang wasit bisa tertolong setelah dua ambulans masuk ke lapangan.

Wasit Eko dinyatakan tak bisa melanjutkan pertandingan karena sempat pingsan. Pertandingan berlanjut dipimpin wasit cadangan. Namun penalti yang diberikan wasit Eko berhasil ditepis oleh penjaga gawang tim sepak bola Sulawesi Tengah.

Wasit pengganti asal DK Jakarta Fadli Nurdiana juga membuat keputusan kontroversial memberikan penalti kedua untuk Aceh. Kali ini gol berhasil tercipta sehingga skor menjadi 1-1. Setelah itu, tim sepak bola Sulawesi Tengah memutuskan mundur atau walkout dari pertandingan.

Selepas pertandingan, Zulkifli terlihat sangat murka kepada sejumlah wasit di ruang ganti. Mantan pemain PSM Makassar itu mempertanyakan kinerja wasit Eko yang dinilai tidak becus memimpin pertandingan.

Zulkifli menegaskan akan mengadukan wasit Eko beserta semua jajaran wasit yang bertugas dalam laga tersebut kepada Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setiawan soal insiden ini. Dia mengklaim, lisensi wasit Eko akan dipastikan akan dicabut dalam waktu dekat.

Kalian akan dicabut lisensinya, percaya sama saya, tegas Zulkifli dalam sebuah unggahan video di akun Instagram @forumwasitindonesia, dikutip pada Minggu (15/9/2024).

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sudah buka suara mengenai kejadian memalukan ini. Erick menegaskan, semua pihak yang terbukti terlibat dalam insiden tersebut akan mendapatkan hukuman berat.

Pastinya akan dilakukan investigasi mendalam. Indikasi pertandingan yang tidak fair menjadi materi serius yang ditelaah. Pun halnya reaksi pemain yang dipastikan berbuah sanksi yang sangat berat, ujar Erick.

Topik Menarik