Striker Australia Mitch Duke Beri Klarifikasi usai Sindir Tradisi Timnas Indonesia

Striker Australia Mitch Duke Beri Klarifikasi usai Sindir Tradisi Timnas Indonesia

Olahraga | inews | Kamis, 12 September 2024 - 11:59
share

JAKARTA, iNews.id - Striker Australia Mitch Duke mendadak jadi perbincangan hangat usai menyindir tradisi Timnas Indonesia yang kerap bernyanyi Lagu Tanah Airku usai pertandingan. Pemain Klub Jepang Machida Zelvia itu memberikan klarifikasi.

Timnas Indonesia menjamu Australia pada matchday kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024) malam. Kedua tim bermain imbang 0-0.

Usai laga seperti biasanya seluruh pemain Timnas Indonesia berserta ofisial dan staf kepelatihan berdiri melingkar di tengah lapangan. Mereka bernyanyi Lagu Tanah Airku bersama 70.000 suporter yang memadati SUGBK.

Di saat bersamaan Duke tengah melakukan sesi wawancara usai laga. Sesi tersebut terganggu lantaran nyanyian suporter Timnas Indonesia begitu menggema. Tradisi tersebut yang mengundang komentar tak mengenakkan dari Duke.

"Mereka bernyanyi sekarang (Tanah Airku), mereka menggila, itulah yang saya maksud," ujar Duke dikutip dari Socceroos.com, Kamis (12/9/2024).

"Mereka merayakan hasil imbang ini seolah-olah itu adalah sebuah kemenangan," ujarnya.

Akun Instagram Duke langsung digeruduk netizen Tanah Air usai komentarnya viral. Pemain berusia 33 tahun itu dianggap tidak menghargai ritual skuad Garuda usai laga.

Duke akhirnya angkat bicara mengenai hal tersebut. Dia memastikan tidak bermaksud menyenggol suporter Garuda.

"Saya hanya ingin meminta maaf soal komentar usai pertandingan. Saya bukannya tidak menghormati orang Indonesia. Saya frustrasi dengan hasilnya. Saya juga tidak mengerti jika Anda (suporter Indonesia) melakukan itu (nyanyi Tanah Airku) saat menang, imbang atau kalah. Jadi saya meminta maaf atas kesalahan apa pun, tidak ada selain rasa hormat," tulis Duke di Instagram Story.

Terlepas dari hal tersebut, Indonesia kini duduk di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan 2 poin. Pratama Arhan dan kolega di atas Australia di tangga kelima berbekal nilai 1.

Selanjutnya Garuda akan menghadapi Bahrain, 10 Oktober. Sedangkan Duke dan kawan-kawan berjumpa dengan China.

Topik Menarik