Nurul Akmal Penyulut Api Kaldron PON 2024, Opening Ceremony Diakhiri Pesta Kembang Api

Nurul Akmal Penyulut Api Kaldron PON 2024, Opening Ceremony Diakhiri Pesta Kembang Api

Olahraga | inews | Senin, 9 September 2024 - 22:31
share

BANDA ACEH, iNews.id – Pesta kembang api menutup Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada Senin (9/9/2024). Api kaldron dinyalakan lifter kebanggaan Aceh Nurul Akmal.

Upacara pembukaan diawali dengan pertunjukan budaya, sejarah, dan tradisi khas Aceh. Diantaranya ada tarian yang bertajuk ‘Aceh Seumapa’ dan nyanyian lagu daerah khas Aceh Bungong Jeumpa.

Setelah itu, sebanyak 39 kontingen yang terdiri dari 38 provinsi, serta Kontingen Nusantara sebagai tamu memperkenalkan diri. Parade atlet ini berlangsung di Stadion Harapan Bangsa dan Stadion Baharudin Siregar.

Upacara pembukaan ini kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diantar oleh enam atlet. Pembacaan janji atlet dan wasit lalu dilakukan setelah pengibaran bendera KONI.

Selepas itu, Hymne PON dikumandangkan. Sambutan-sambutan dari Penjabat Gubernur Aceh dan Sumatera Utara, Ketua Umum KONI Pusat serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo melengkapi upacara pembukaan.

Presiden Jokowi kemudian membacakan pidato yang sekaligus meresmikan ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024 dimulai. Dalam pidatonya, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya ajang olahraga ini sebagai ajang mempererat tali persaudaraan sebangsa se-Tanah Air.

Kemudian, pertunjukan bertema ‘Mahajaya Semangat Malahayati’ digelar untuk menggambarkan semangat masyarakat serta keanekaragaman hayati Aceh. Pada momen ini, tarian yang merefleksikan pesan untuk menjaga keanekaragaman hayati Aceh ditampilkan.

Satwa dilindung seperti Harimau Sumatera, Gajah, dan Badak Sumatera ditampilkan dalam bentuk lampion untuk memberi pesan betapa berharganya mereka bagi bangsa Indonesia.

Kemudian penampilan koreografi serta penerimaan senjata adat Aceh, Rencong dari Presiden Jokowi. Setelah itu, api kaldron yang diambil dari Gunung Merapi Jaboi mulai terlihat di Stadion Harapan Bangsa.

Api kaldron kemudian diberikan oleh 21 atlet secara berurutan kepada Erma Madjaji (mantan atlet anggar), Tari Ratna Nengsih (atlet lempar lembing), dan terakhir Nurul Akmal (atlet angkat besi). Nurul lalu bertugas sebagai penyulut api kaldron di Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Acara upacara pembukaan kemudian ditutup oleh penampilan penyanyi kawakan asal Aceh, Virzha. Lalu terakhir, pesta kembang api yang diiringi oleh lagu ‘Bendera’ menutup upacara pembukaan. PON XXI Aceh-Sumut 2024 pun resmi dimulai.

Untuk diketahui, ajang multi-olahraga itu bertemakan ‘Bersatu Kita Juara’ akan berlangsung pada 9-20 September 2024. Ajang PON XXI Aceh-Sumut untuk pertama kalinya akan diselenggarakan di dua provinsi berbeda.

Topik Menarik