Daud Yordan Siap Rebut Gelar Juara Dunia di Laga Khatulistiwa

Daud Yordan Siap Rebut Gelar Juara Dunia di Laga Khatulistiwa

Olahraga | okezone | Minggu, 8 September 2024 - 15:00
share
JAKARTA -Konsumen kendaraan roda empat di Indonesia rasanya memang lebih memilih untuk memiliki mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV).

Hal tersebut terbukti dari sejumlah varian yang berhasil menjadi best seller pada penjualan 2008 di Tanah Air yang datang dari segmen MPV.

Di posisi nomor satu tetap dipegang raksas automotif Jepang, Toyota, dengan produk Avanza-nya yang amat fenomenal paad tahun lalu. Kemudian disusul dengan "kembarannya" Daihatsu Xenia.

Lantas nama berikutnya yang muncul sebagai mobil yang paling banyak dipilih konsumen Indonesia yakni, Nissan Livina, Daihatsu Gran Max, dan Suzuki APV.

Melalui Avanza, Toyota sukses mempertahankan gelar menjadi yang No.1 dengan menguasai pangsa pasar sekitar 35 persen. Sedangkan dua produk Daihatsu tadi, mengangkat perusahaan ini ke urutan kedua di bawah Toyota.

Meskipun pada 2009 penurunan jumlah penjualan kendaraan roda empat di Indonesia diperkirakan akan terjadi sekira 29,2 persen, tetapi menurut Vivek Vaidya, Direktur Automotif dan Transportasi Asia Pasifik, Frost and Sullivan, nama-nama tadi akan tetap bercokol di posisinya.

"Konsumen Indonesia tetap memilih produk seperti Avanza, Xenia, dan Livina, karena mobil-mobil ini mampu menampung 7 orang dan sangat tepat dijadikan mobilitas keluarga. Apalagi konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Rasanya seperti itulah kecenderungan konsumen Indonesia tahun ini," ujar Vivek, kepad wartawan di Jakarta.

Topik Menarik