Bersinar di Timnas Indonesia U-20, Toni Firmansyah Sulit Tembus Tim Inti Persebaya, Kenapa?

Bersinar di Timnas Indonesia U-20, Toni Firmansyah Sulit Tembus Tim Inti Persebaya, Kenapa?

Olahraga | inews | Selasa, 8 Oktober 2024 - 16:27
share

SURABAYA, iNews.id – Toni Firmansyah bersinar bersama Timnas Indonesia U-20. Sayang, di level klub, sang gelandang kesulitan menembus tim inti Persebaya Surabaya. Kenapa?

Toni kerap diandalkan Pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri. Dia pun menjawabnya dengan penampilan cemerlang. Dia berhasil membawa Tim Garuda Nusantara menembus Piala Asia U-20 2025. 

Namun, kondisi tersebut berbanding terbalik di Persebaya. Dia jarang mendapat kesempatan bermain di bawah Pelatih Paul Munster. 

Menurut Toni, dirinya kesulitan menembus skuad inti Persebaya karena terlalu lama meninggalkan tim karena memperkuat Timnas Indonesia U-20. Kesibukan menjalani pemusatan latihan (TC), hingga pertandingan menjadi penyebabnya. 

Alhasil selama Liga 1 2024-2025 saja, Toni baru bermain di satu pertandingan dengan dua menit bermain pada laga pekan kedua melawan Malut United.

Total, sejak dipromosikan dari tim Persebaya U-18 tahun lalu, Toni sudah mencatatkan 21 kali penampilan, dengan 529 menit bermain. Dari penampilannya itu, baru satu gol dan satu assist yang dia sumbangkan untuk tim kebanggaan masyarakat Surabaya.

Kecemerlangan Toni di Timnas Indonesia U-20 tak membuatnya mudah menembus lini tengah Persebaya. Apalagi di klub berjuluk Bajul Ijo itu saat ini berdatangan pemain-pemain bagus seperti Gilson Costa, Mohammed Rashid, hingga Francisco Rivera. 

Tak heran pesepak bola didikan akademi Persebaya itu masih kesulitan menembus tim inti. Tapi Toni bertekad akan beradaptasi dan bekerja keras bersaing dengan pemain-pemain lebih berpengalaman darinya.

"Teman-teman seperti Mohammed Rashid, Francisco Rivera, dan Gilson Costa, adalah pemain yang bagus, saya juga banyak belajar dari mereka," ucap Toni, dikutip dari laman resmi klub.

Tak hanya itu, lama memperkuat Timnas Indonesia U-20 membuatnya harus beradaptasi lagi dengan gaya main Paul Munster. Apalagi beberapa waktu lalu Toni juga sempat diberikan sanksi dibekukan dari skuad, karena tidak izin bergabung ke Timnas. Tapi hal itu menjadikan pelajaran baginya.

"Memang sejak dari timnas, ada banyak hal yang harus saya perbaiki. Saya harus kembali meningkatkan chemistry dengan pemain di Persebaya," ujarnya.

Persebaya saat ini tengah bersiap menghadapi bigmatch melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 18 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB. Selang lima hari, Bajul Ijo bersiap menghadapi PSM Makassar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Persebaya masih nyaman duduk di puncak klasemen sementara hingga pekan ketujuh Liga 1 2024-2025. Bajul Ijo memperoleh 17 poin, hasil dari lima kali menang dan dua kali imbang, tanpa terkalahkan.

Topik Menarik