Atlet Para Bulutangkis Indonesia Bertolak ke Paris untuk Paralimpiade Paris 2024

Atlet Para Bulutangkis Indonesia Bertolak ke Paris untuk Paralimpiade Paris 2024

Olahraga | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 09:29
share
JAKARTA- Markas Besar TNI menyelenggarakan Lomba Tembak TNI tahun 2008 yang dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso di Lapangan Tembak Kartika Cilodong Bogor, Senin (19/1/2009). Lomba tembak tersebut merupakan program tahun anggaran 2008, karena pada tahun 2008 yang lalu bersamaan dengan pelaksanaan Lomba Tembak Bisam-9 di Brunai Darussalam, maka baru dilaksanakan pada awal tahun 2009.

Pada amanat Panglima TNI yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, program Lomba Tembak TNI Versi "BISAM" ini diadakan setiap tahun yang bertujuan untuk menemukan bakat, memandu talenta dan mencetak petembak-petembak unggulan dari prajurit TNI. Hal tersebut sangat penting dalam rangka keikutsertaan TNI dalam berbagai event Lomba Tembak Militer berskala internasional, khususnya untuk mempertahankan tradisi prestasi atau juara dalam lomba tembak Bisam yang diselenggarakan empat tahun sekali oleh Angkatan Bersenjata Brunai Darussalam.

Menurut Panglima TNI, Lomba Tembak TNI tahun anggaran 2008 bukan sekedar memenuhi kalender kegiatan tahunan Mabes TNI. Akan tetapi yang lebih utama adalah untuk peningkatan kemampuan para petembak hasil binaan masing masing Angkatan. Selain itu juga untuk mengetahui dan mengevaluasi sampai sejauh mana manajeman dan program latihan serta hasil pembinaan dan kaderisasi yang telah dilaksanakan setiap Angkatan.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan pada tahun 2008 yang lalu, Kontingen TNI berhasil merebut gelar Juara Umum untuk kedua kali dalam lomba tembak "Bisam" tahun 2008 di Brunai Darussalam. Berkat prestasi yang telah dicapai tersebut, Mabes TNI akan lebih intensif lagi melaksanakan pembinaan atlet petembak TNI, agar mampu mempertahankan gelar Juara Umum,

Dalam konteks lomba tembak yang berskala regional atau internasional dapat dijadikan wahana untuk mengembangkan kualitas dan memperkaya kapasitas diplomasi militer, melalui pintu olahraga termasuk kegiatan lomba tembak. Hal tersebut sungguh penting bukan saja untuk mempererat kerja sama dan membangun kesepahaman serta saling pengertian diantara Angkatan Bersenjata dalam satu kawasan, akan tetapi akan berdampak secara langsung dan sangat positif dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas hubungan bilateral di antara negara-negara yang bersangkutan.

Usai upacara pembukaan, dilaksanakan Lomba Tembak Eksekutif yang diikuti oleh Kasum TNI, Wakasad, Wakasal, Wakasau dan para undangan lainnya. Pada Lomba Tembak Eksekutif Team I yang terdiri dari Kasum TNI, Dankorpspaskhas, Kaskorsmar dan Kaskostrad, sebagai Juara Pertama dengan nilai total 91. Sedangkan Juara Kedua direbut oleh Team II yang terdiri dari Wakasad, Pangkoopsau 1, Wadanjen Kopasus dan Waaslog Panglima TNI dengan nilai 66. Sementara Juara III direbut oleh Team IV yang terdiri dari Wakasal, Asops Panglima TNI, Waaspers Panglima TNI dan Asops Kasau.

Lomba Tembak TNI yang diselenggarakan mulai tanggal 19 s.d 22 Januari 2009 diikuti oleh Team Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU, untuk memperebutkan juara perorangan setiap materi, juara perorangan tembak senapan dan pistol, juara beregu setiap materi dan juara umum.

Pusat Penerangan TNI
Authentikasi: Kasubdislipblik Dispenum Puspen TNI Letkol Caj Edyana Sulistiadie

Topik Menarik