Launching Liga 1 2024-2025, Erick Thohir Ingin Kualitas Kompetisi Indonesia Naik Level di Asia

Launching Liga 1 2024-2025, Erick Thohir Ingin Kualitas Kompetisi Indonesia Naik Level di Asia

Olahraga | inews | Selasa, 6 Agustus 2024 - 19:57
share

JAKARTA, iNews.id- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap kompetisi Liga 1 2024-2025 membuat sepak bola Indonesia semakin maju di level Asia dan Asia Tenggara (ASEAN). Dia ingin kompetisi Liga 1 aman bagi penonton.

Saat ini, kompetisi Liga Indonesia berada di peringkat ke-28 level benua Asia berdasarkan rilis AFC. Lalu untuk di wilayah ASEAN, Indonesia masih posisi keenam.

Erick meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator untuk menaikkan kualitas agar Liga 1. Dia ingin kompetisi Indonesia bisa naik posisi dua ASEAN dan peringkat 12 di Asia.

"Target utamanya menaikkan mutu Liga kita agar levelnya naik di Asia dan ASEAN. Tak hanya itu, kompetisi yang aman dan nyaman bagi penonton tetap menjadi prioritas di setiap musim baru liga," kata Erick dalam konferensi pers di BRI Building, Jakarta pada Selasa (6/8/2024).

"Setelah setahun lebih membenahi tim nasional kini saatnya PSSI membenahi liga, ketika saya diamanahkan menjadi ketua umum saya ingin mempunyai liga yang bersih, untuk itu kita mulai dari perbaikan wasit, wasit yang bersih, dan jaminan kesehatan. Intinya melindungi wasit kita," tambahnya.

Kompetisi klub kasta tertinggi sepakbola nasional mulai digelar akhir pekan ini dengan mempertandingkan sembilan laga. Sebanyak 18 tim akan bersaing di Liga 1 2024-2025, dengan tiga klub di antaranya merupakan tim promosi, yakni PSBS Biak, Malut United, dan Semen Padang.

Musim baru Liga 1 dibuka pada Jumat (9/8/2024) malam WIB dan mempertandingkan duel Persib Bandung selaku juara bertahan menghadapi jawara Liga 2 musim lalu, PSBS Biak, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan musim lalu, Liga 1 2024-2025 tidak lagi menggunakan format Championship Series. Kompetisi kembali menggunakan sistem format liga seperti musim-musim sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, Erick juga meminta kepada para pemain untuk menghormati setiap keputusan wasit. Selain sudah meningkatkan kualitas wasit, penggunaan Video Assistant Referee (VAR) di musim 2024-2025 ini punya tujuan agar pertandingan berjalan bersih dan bisa dipertanggungjawabkan.

Topik Menarik