Hasil Euro 2024: Kejutan! Georgia ke 16 besar usai Kalahkan Portugal

Hasil Euro 2024: Kejutan! Georgia ke 16 besar usai Kalahkan Portugal

Olahraga | inews | Kamis, 27 Juni 2024 - 03:54
share

GELSENKIRCHEN, iNews.id – Timnas Georgia secara mengejutkan mampu menembus 16 besar Euro 2024 dalam penampilan debut mereka di turnamen besar, usai mengalahkan Portugal 2-0 pada matchday ketiga Grup F, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. 

Jalannya Pertandingan

Timnas Portugal menurunkan tim lapis kedua pada laga di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, itu. Meski begitu, performa militan Georgia tetap menjadi kunci pada penentu hasil pertandingan itu. 

Tim debutan turnamen ini memimpin pada menit kedua ketika Khvicha Kvaratskhelia  berlari menjauh setelah memaksimalkan blunder bek Portugal Antonio Silva. Winger Napoli itu dengan tenang melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dijangkau kiper Portugal Diogo Costa. 

Cristiano Ronaldo – satu dari tiga starter untuk Portugal – berusaha keras untuk setiap bola saat dia berusaha menjadi pencetak gol tertua di Euro pada usia 39.

Namun Georgia bertahan seolah hidup untuk menyelamatkan nyawa mereka. Georgia berusaha mengejar Portugal melalui serangan balik. Hasilnya, pada menit ke-53, Silva memperparah kesalahan sebelumnya dengan melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti yang membuat Georgia mendapat hadiah penalti setelah pemeriksaan VAR.

Pemain Georgia Georges Mikautadze mencetak gol dari titik penalti ke gawang Portugal pada pada matchday ketiga Grup F Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (Foto: REUTERS)
Pemain Georgia Georges Mikautadze mencetak gol dari titik penalti ke gawang Portugal pada pada matchday ketiga Grup F Euro 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (Foto: REUTERS)

Georges Mikautadze, yang memberikan umpan kepada Kvaratskhelia untuk membuka skor sejak awal, menjadi algojo. Dia mengarahkan tendangan penaltinya melewati Costa, menjadikannya pencetak gol terbanyak Euro 2024 sejauh ini dengan tiga gol.

Setelah itu, Pelatih Portugal Roberto Martinez coba melakukan beberapa pergantian, termasuk menarik Ronaldo dengan Goncalo Ramos. Sang kapten tampak kecewa dengan menendang botol air.

Permainan Portugal jadi lebih hidup. Namun, solidnya pertahanan Georgia dan ketangguhan penjaga gawang Giorgi Mamardashvili membuat Selecao das Quinas tak mampu mengoyak gawang lawan. Mamardashvili melakukan berbagai penyelamatan untuk membuat gawangnya tetap perawan. Laga berakhir dengan kemenangan 2-0 Georgia. 

Ini merupakan hasil terbesar bagi Georgia sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Setelah menempati posisi keempat yang mengecewakan di grup kualifikasi Euro, Georgia harus mengambil jalan memutar ke Jerman, pertama dengan memenangkan grup mereka di turnamen UEFA Nations League yang kurang glamor dan kemudian mengalahkan Yunani di play-off.

Tapi tidak ada yang tidak patut dari cara Pelatih Willy Sagnol, mantan bek Bayern Munchen dan Timnas Prancis, dan timnya mengklaim finis ketiga di Grup F Euro 2024 dan mempersiapkan pertemuan babak 16 besar dengan pemenang Euro tiga kali, Spanyol.

Kemenangan Georgia juga berarti Inggris akan berhadapan dengan Slovakia, Rumania menghadapi Belanda, dan Portugal menghadapi Slovenia di babak 16 besar. Hungaria, yang sempat bersaing memperebutkan 16 besar, dipastikan tersingkir.

SUSUNAN PEMAIN
GEORGIA (5-3-2) 
Mamardashvili; Gvelesiani (Kverkvelia 76’), Kashia, Dvali, Lochoshvili (Tsitaishvili 63’); Chakveladze (Mekvabishvili 81’), Kiteishvili, Kochorashvili; Mikautadze, Kvaratskhelia (Davitashvili 82’)
Pelatih: Willy Sagnol

PORTUGAL (3-4-2-1)
Diogo Costa; Antonio Silva (Nelson Semedo 66’), Danilo Pereira, Goncalo Inacio; Diogo Dalot, Joao Palhinha (Ruben Neves 46’), Joao Neves (Matheus Nunes 75’), Pedro Neto Diogo Jota 75’); Francisco Conceicao, Joao Felix; Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 66’)
Pelatih: Roberto Martinez

Topik Menarik