Bambang Pamungkas Kembali ke Timnas Indonesia, Jadi Asisten Shin Tae-yong?

Bambang Pamungkas Kembali ke Timnas Indonesia, Jadi Asisten Shin Tae-yong?

Olahraga | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 11:17
share

JAKARTA, iNews.id - Bambang Pamungkas kembali ke Timnas Indonesia. Striker legendaris Tanah Air itu mengumumkannya dalam sebuah video di Instagram Story.

Dalam video singkat tersebut, Bambang duduk di sebuah kursi dan mengatakan bakal kembali membela Garuda. Sayangnya dia tak menjelaskan secara rinci jabatan apa yang bakal dipegang.

"Halo saya Bambang Pamungkas dan saya akan kembali ke Timnas Indonesia sebagai...," kata Bambang dikutip dari Instagram @bepe20, Kamis (30/5/2024).

Pria yang akrab disapa Bepe itu memberikan penjelasan lengkapnya dalam situs resmi miliknya. Tulisan tersebut diberi judul I'm Back.

Striker Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2007, Bambang Pamungkas berinteraksi dengan pelatihnya, Ivan Kolev di tengah laga. (Foto: Instagram/@afcasiancup)

"Kapan pun timnas memerlukan tenaga dan pikiran kita, kita harus menyambutnya dengan penuh rasa bangga. Kita boleh saja berbeda pendapat atau berselisih paham tentang apa saja, tapi tidak dengan tim nasional," tulis Bepe dalam artikel tersebut.

"Begitulah pesan moral yang ingin saya sampaikan, kepada seluruh pihak yang sedang berseteru," lanjutnya.

Tulisan Bepe merujuk kepada situasi sepak bola Indonesia pada 2012. Kala itu terjadi dualisme di federasi sepak bola Tanah Air.

Padahal Timnas Indonesia akan bermain di Piala AFF 2012. Akibat dualisme, skuad Garuda tak bisa menurunkan tim terbaik.

Sebab Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia melarang pemain klub peserta ndonesia Super League (ISL) bermain di Timnas Indonesia. Sedangkan Bepe saat itu berseragam Persija Jakarta yang merupakan anggota ISL.

Foto Bambang Pamungkas terpampang di Twitter resmi Persija Jakarta. (Foto: Twitter Persija)

Bambang pun akhirnya tetap memperkuat Timnas Indonesia meski dilarang keras Persija. Sebab menurutnya panggilan dari Garuda jauh lebih penting dari segalanya.

Pengorbanan Bepe buat Skuad Garuda begitu luar biasa. Dia memperkuat Timnas Indonesia selama 14 tahun.

Pemain kesayangan The Jakmania itu mencetak 37 gol dari 58 pertandingan Timnas Indonesia. Prestasi terbaiknya membawa Indonesia runner up Piala AFF 2000, 2002 dan 2004.

Topik Menarik