Balapan MotoGP Mandalika 2022 Digelar, Mantan Bos Sirkuit Sentul: Muka Indonesia Terselamatkan dari Negara Tetangga

Balapan MotoGP Mandalika 2022 Digelar, Mantan Bos Sirkuit Sentul: Muka Indonesia Terselamatkan dari Negara Tetangga

Olahraga | okezone | Sabtu, 19 Maret 2022 - 16:24
share

JAKARTA Mantan Direktur Operasional Sirkuit Sentul, Rio Sarwono memyambut baik dengan digelarnya balapan MotoGP Mandalika 2022 yang berlangsung akhir pekan ini. Pasalnya ia merasa kehadiran balapan di Sirkuit Mandalika itu sudah menyelamatkan muka Indonesia dari negara-negara tetangga.

Seperti yang diketahui, Indonesia telah lama tak memiliki sirkuit kelas atas yang bisa menggelar turnamen-turnamen otomotif internasional seperti MotoGP. Trek terakhir yang melakukannya adalah Sirkuit Sentul yang menjadi lokasi dihelatnya MotoGP 1996 dan 1997 yang waktu itu masih bernama GP 500 cc.

25 tahun berlalu, kini Indonesia kembali menghelat turnamen balap motor terelite di dunia itu. Pada Minggu 20 Maret 2022, Marc Marquez dan kolega bakal balapan untuk pertama kalinya di Mandalika.

Rio Sarwono (instagram/rio_sarwono)

Rio Sarwanto pun menyambut balapan MotoGP tersebut dengan antusias. Dia sangat bangga dengan Sirkuit Mandalika karena trek yang punya 17 tikungan itu telah menyelamatkan muka para pegiat balap otomotif Tanah Air yang dalam beberapa tahun belakangan cukup malu dengan para negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura yang rutin menjadi tuan rumah MotoGP dan F1.

Ini sangat luar biasa ya. Jadi tidak hanya teman-teman yang suka nonton MotoGP saja yang bangga dengan Mandalika ini tetapi seluruh bangsa Indonesia. Terutama bagi kami para pegiat otomotif, kata Rio dalam acara daring yang digelar MNC Trijaya bertajuk Gaskeun, MotoGP Mandalika Bikin Bangga, Sabtu (19/3/2022).

Soalnya kan dalam beberapa tahun terakhir kita kan merasa minder. Malaysia punya Sepang bisa bikin F1 dan MotoGP, Singapura juga bisa gelar F1. Terus Thailand juga sudah ada Superbike dan kabarnya mau ada MotoGP dan Vietnam juga sudah siap-siap mau gelar F1, imbuhnya.

Topik Menarik