PSSI Sebut Bakal Ada Pemain Naturalisasi Baru Bulan Depan, Posisi Striker?

PSSI Sebut Bakal Ada Pemain Naturalisasi Baru Bulan Depan, Posisi Striker?

Olahraga | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:44
share

JAKARTA, iNews.id PSSI menyebut bakal ada pemain naturalisasi baru pada September bulan depan. Pemain keturunan baru tersebut bermain di posisi striker?

Kabar tersebut disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Namun, dia enggan membocorkan siapa pemain tersebut.

PSSI tampaknya masih belum puas dengan banyaknya pemain naturalisasi yang menghuni Timnas Indonesia. Sehingga federasi terus memburu talenta-talenta berkualitas untuk semakin meningkatkan performa Tim Garuda.

Beberapa pemain sudah diproses untuk membantu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Nama-nama seperti Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, hingga Nathan Tjoe-A-On berkontribusi besar di fase itu.

Hasilnya manis, kini Timnas Indonesia sukses melangkah ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia untuk pertama kalinya.

Timnas Indonesia tergabung bersama Arab Saudi, Australia, Bahrain, China, dan Jepang di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda akan bermain dalam format kandang-tandang mulai 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025.

Di putaran ketiga nanti, Tim Garuda bakal mendapat satu tambahan, yakni kiper FC Dallas Maarten Paes. Namun, kiper berusia 26 tahun itu belum bisa didaftarkan pada laga perdana kontra Arab Saudi di Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. Dia baru bisa didaftarkan untuk laga kedua menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024).

Belum cukup sampai Maarten Paes. PSSI masih memburu pemain keturunan lainnya. Arya memberikan kode keras Skuad Garuda akan kedatangan pemain baru lagi pada September mendatang.

Apakah ada (pemain baru) dalam proses ini? Ada sih tapi seperti biasa, kami tidak akan memberi tahu. Pokoknya adalah, dokumen sedang kita siapkan, kata Arya dikutip dari kanal Youtube Arya Sinulingga, Rabu (21/8/2024).

Kalau sekarang itu tanggal 5 September baru bisa datang, 5 september ke atas. Kenapa? Karena ada FIFA Matchday. Bisa saja tanggal 3, 4, tanggal 5, 6, 7 bisa. Baru tuh bisa kita lihat siapa saja yang akan hadir, baru bisa diproses, tuturnya.

Pria yang menjabat sebagai staf khusus Kementerian BUMN itu menjelaskan proses itu akan berlangsung cukup panjang seperti biasanya. Oleh karena itu, dia meminta para fans Timnas untuk bersabar dan mengawal proses naturalisasi pemain baru itu hingga selesai.

Nah habis itu baru proses di Kemenpora, Kemenkumham, habis itu naik ke Presiden dan kemudian naik ke DPR, ujarnya.

Yang bikin penasaran, siapa kira-kira pemain naturalisasi baru yang bakal diproses PSSI?

Belakangan beredar beberapa nama yang dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Ada striker FC Utrecht Ole Romeny. Penyerang berusia 24 tahun itu sedang tokcer bersama klubnya di Eredivisie Liga Belanda 2024-2025. Dalam dua laga awal, dia sudah mengoleksi dua gol.

Selain Romeny, ada juga Mauro Zijlstra yang juga bermain di posisi striker. Kabarnya, pemain yang bermain untuk FC Volendam U-21 itu sudah mengirim berkas ke PSSI.

Topik Menarik