Perjalanan Karier Yovie Widianto hingga Dilantik Jadi Stafsus Presiden

Perjalanan Karier Yovie Widianto hingga Dilantik Jadi Stafsus Presiden

Seleb | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:04
share

JAKARTA Yovie Widianto resmi dilantik sebagai Staf Khusus Presiden oleh Presiden RI Prabowo Subianto pada Selasa, 22 Oktober 2024, di Istana Merdeka, Jakarta.

Yovie Widianto dikenal luas sebagai komposer dan musisi berbakat di Indonesia. Banyak karya hits yang ia ciptakan dan dinyanyikan oleh para penyanyi terkenal, seperti Rio Febrian, Audy, Pinkan Mambo, Astrid, Chrisye, Glenn Fredly, Rossa, Alika, Monita, hingga generasi baru seperti Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya.

Lahir pada 21 Januari 1968, Yovie juga dikenal sebagai pendiri grup musik legendaris Kahitna, serta Yovie and Nuno dan 5 Romeo. Aransemen musiknya selalu memiliki ciri khas yang mudah dikenali.

Perjalanan Karier Yovie Widianto hingga Dilantik Jadi Stafsus Presiden
Perjalanan Karier Yovie Widianto hingga Dilantik Jadi Stafsus Presiden

Lima lagu ciptaan Yovie Widianto sangat populer dari generasi ke generasi juga menjadi bukti kesuksesannya di belantika musik.

Lima lagu itu seperti Cantik (Kahitna), Andai Dia Tahu (Kahitna), Menjaga Hati (Yovie and Nuno), Adu Rayu (Yovie Widianto feat Tulus dan Glenn Fredly), dan Terlanjur Mencinta (Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya).

Kesuksesan Yovie dalam industri musik tidak hanya diukur dari popularitas lagunya, tetapi juga melalui berbagai penghargaan yang ia terima. Ia telah memenangkan banyak penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI), seperti Pencipta Lagu R&B Terbaik (2000), Pencipta Lagu Alternatif Terbaik (2001), Produser/Penata Musik Pop Terbaik (2011 dan 2019), Produser Rekaman Terbaik (2019), serta Pencipta Lagu Pop Terbaik (2020).

Baru-baru ini, Yovie Widianto diangkat menjadi Staf Khusus Presiden berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 75/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Presiden. Sebelum pelantikan, Yovie sempat berbicara kepada media mengenai tugas barunya di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

"Tugas saya lebih kepada membantu presiden dalam strategi ekonomi kreatif serta pemberdayaan ekonomi kreatif, yang mungkin akan melibatkan lebih dari satu kementerian, sesuai dengan pengalaman kerja saya selama ini," ujar Yovie dalam wawancara yang dikutip dari tayangan live iNews.

Topik Menarik