Rekam Jejak Yassierli, Guru Besar ITB yang Jadi Menaker di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Rekam Jejak Yassierli, Guru Besar ITB yang Jadi Menaker di Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Terkini | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:48
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto resmi menunjuk akademisi Yassierli menjadi Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) di Kabinet Merah Putih yang diumumkan Minggu 20 Oktober 2024 malam.

"Prof Ir Yassierli PhD, Menteri Ketenagakerjaan," kata Prabowo saat mengumumkan daftar Menteri di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Lantas siapakah sosok Yassierli sehingga dipercaya Prabowo mengurusi sektor ketenagakerjaan Tanah Air?

Dikutip MNC Portal Indonesia dari laman resmi ITB, Senin (21/10/2024), Yassierli merupakan salah satu akademisi dari ITB. Sosoknya juga sekaligus menjadi Guru Besar dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB.

Yassierli menyelesaikan studinya sebagai Sarjana Teknik Industri di ITB pada tahun 1997. Selanjutnya, dia mengambil pendidikan Magister pada tahun 1998 program studi Teknik dan Manajemen Industri di ITB dan selesai pada tahun 2000.

Dia kemudian melanjutkan pendidikannya untuk mengambil gelar Doktor di Virginia Tech, Amerika Serikat. Akhirnya pada 2005, Yassierli mendapatkan gelar Doctor of Philosophy atau Ph.D. Industrial and Systems Engineering.

Apabila melihat riwayat perjalanan kariernya, Yassierli sempat menjadi staf pengajar dan peneliti di Fakultas Teknologi Industri ITB pada tahun 1998. Selain itu, juga sempat menjadi staf pengajar pada jurusan Industrial and Systems Engineering, Virginia Tech tahun 2006.

Yassierli juga sempat menjabat sebagai kepala UPT Pengembangan Manusia dan Organisasi (PMO) ITB pada tahun 2015-2017. Kariernya di dunia akademik terus berlanjut hingga saat ini yang menjabat sebagai Senat Akademik ITB dan Komite Manajemen Risiko MWA ITB 2024.

Yassierli tercatat pernah menerima sejumlah penghargaan meliputi masuk 100 Tokoh K3 Indonesia tahun 2022, Certified Human Factors Professional dari BCPE USA, Penghargaan dari International Ergonomics Association (IEA) dalam Triennial Award on Promotion of Ergonomics in Developing Countries – 2021. Serta Penghargaan IEOM Award on Outstanding Professor in Human Factors & Ergonomics 2021 (Industrial Engineering and Operation Management Society).

 

Topik Menarik